Diego Maradona Meninggal, Inilah Deretan Prestasi Sang Legenda

Kamis, 26 November 2020 - 12:19 WIB
Diego Maradona meninggalkan statistik mengagumkan sebagao pemain. Foto : CBS
BUENOS AIRES - Diego Maradona telah meninggalkan kita selama-lamanya. Sebagai salah satu pesepak bola termasyur di muka bumi ini Maradona telah meninggalkan sejumlah kenangan dan pastinya deretan prestasi.

Maradona harus berpisah dengan dunia setelah terkena serangan jantung Rabu (25/11/2020) malam waktu setempat. Selain meniggalkan prestasi mentereng, Maradona pun punya statistik mengagumkan ketika masih aktif menjadi pemain. (Baca juga : Prestasi Mendiang Maradona; 11 Trofi dan Rekor 136 Laga Tak Terkalahkan )

Seperti apa catatan tersebut? Simak ulasannya seperti dikutip The Score, Kamis (26/11/2020).

Tiga trofi

Deretan trofi pernah menghiasi karier Diego Armando Maradona. Piala Dunia merupakan salah satu trofi yang pernah diangkatnya. Namun, angka tiga di sini merujuk pada hal lain, yakni jumlah gelar juaranya bersama Napoli. Kebetulan, tiga trofi tersebut diraih semasa Diego Maradona mengenakan kostum berwarna biru kebanggaan publik Kota Naples.



Ketiga trofi itu adalah dua scudetto (1986-1987 dan 1989-1990) serta Piala UEFA (1988-1989). Sebelum kedatangan Diego Maradona, Napoli nyaris tidak pernah memenangi trofi apa pun. Tidak heran, ia begitu dicintai oleh Napoli.

5+5

Angka yang satu ini menunjukkan betapa pentingnya Diego Maradona untuk Timnas Argentina. Statistik itu dicatatkan pada Piala Dunia 1986 di mana Tim Tango dibawanya berjaya pada akhir turnamen berkat lima gol dan lima assist.

Dua gol yang dicetaknya pada laga melawan Inggris bahkan hingga kini masih membekas dalam ingatan. Sebab, salah satu gol diciptakan dengan tangan, sedangkan yang lain dinobatkan sebagai gol terbaik oleh FIFA. Oh iya, lima gol dan lima assist itu membuat Diego Maradona sebagai pemain yang terlibat gol terbanyak di Piala Dunia. Tidak ada pemain yang mampu mengikuti catatan itu.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More