PSSI Akan Proses Pengajuan Naturalisasi Sandy Walsh pada Awal Tahun Depan

Minggu, 06 Desember 2020 - 23:58 WIB
Pelatih Shin Tae-yong terus berusaha untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia. Terbukti, dia sedang berusaha menjadikan Sandy Walsh sebagai WNI. Foto: facebook
MECHELEN - Pelatih Shin Tae-yong terus berusaha untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia . Terbukti, juru taktik asal Korea Selatan itu sedang gencar-gencarnya mencari pemain keturanan Indonesia di Eropa untuk dinaturalisasikan agar bisa tampil bersama skuad Garuda.

(David Moyes : Wasit Rampok Kemenangan West Ham United)

Dari sekian banyak nama, Sandy Walsh adalah salah satu pemain keturunan yang sedang diupayakan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Bahkan, Walsh mengaku sudah dihubungi Tae-yong dan PSSI untuk mempercepat proses pengajuan naturalisasi.

Walsh menyebut pihak PSSI akan mencoba bertemu dengan pihak FIFA untuk membahas proses naturalisasi dirinya pada Januari 2021. Mendengar hal tersebut Walsh mengaku sangat antusias menyambut momen itu.

Sebab Walsh yang bermain untuk KV Mechelen di kasta tertinggi Liga Belgia mengaku cukup tertarik untuk membela Merah Putih. Bahkan ia menyebut bakal segera menyiapkan paspor jika PSSI sudah mengantongi izin dari FIFA untuk membolehkannya pindah warga negara, dari Belanda ke Indonesia.



“Jelas sangat menyenangkan jika saya memiliki kesempatan bermain untuk Timnas Indonesia. Saya sudah berkomunikasi dengan baik dengan induk organisasi sepak bola di sana (PSSI),” jelas Walsh, dilansir dari media Belgia, Het Laatste Nieuws (HLN).

“Pelatih (Shin Tae-yong) juga menginginkan saya untuk bisa bergabung bersama tim (di Timnas Indonesia). Mereka (PSSI) dikabarkan baru akan bertemu dengan pihak FIFA pada Januari (2021) untuk membicarakan mengenai saya,” tambah pemain berusia 25 tahun tersebut.

Walsh sebenarnya tidak asing bagi para pencinta sepak bola Tanah Air. Sebab, dia memang sudah sejak lama diincar untuk dijadikan pemain naturalisasi beberapa tahun yang lalu, tepatnya sejak Timnas Indonesia masih ditangani Luis Milla.

“Jika FIFA membolehkan saya pindah kewarganegaraan dari Belanda ke Indonesia, maka saya akan langsung menyiapkan paspor agar bisa dipanggil Timnas Indonesia,” sambung pemain yang memiliki keturunan Indonesia dari sang ibu.

Walsh bahkan sudah sempat bertemu dengan mantan pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy beberapa waktu yang lalu untuk membahas peluangnya membela Tanah Air. Kini, perlahan tapi pasti tampaknya Walsh akan benar-benar menjadi pemain skuad Garuda.

(Modal Positif Lazio Jelang Laga Hidup Mati di Liga Champions)

Kehadiran Walsh jelas dapat membantu memperkuat Timnas Indonesia. Pemain kelahiran Brussel, Belgia dan memiliki kewarganegaraan Belanda itu bakal membuat lini pertahanan sebelah kanan Timnas Indonesia semakin kuat.
(mirz)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More