Luis Suarez dan Sihir Sepak Bola Uruguay di Negeri Matador

Selasa, 09 Februari 2021 - 21:04 WIB
Dagoberto Moll adalah pemain pertama Uruguay yang membuka jalan buat rekan senegaranya merumput di Spanyol. Dia memulai kariernya di Negeri Matador pada 1949 ketika membela Deportivo La Coruna.

Fenomena tersebut tidak hanya terlihat di Spanyol saja. Menurut CIES Football Observatory, dari 20 negara pengekspor pemain sepak bola terbanyak di seluruh dunia, hanya Uruguay dan Kroasia yang memiliki populasi kurang dari 5 juta, tapi mampu menghasilkan pesepak bola hebat. Mereka yang berbicara tentang keajaiban Uruguay selalu memulai dengan menceritakan kisah ONFI, sebuah organisasi yang didirikan pada 1968, independen dari Asosiasi Sepak Bola Uruguay (AUF).

"Ini adalah gerakan sosial dengan basis olahraga. Sepak bola telah menjadi elemen inklusi yang sangat penting. Saya ingat ketika saya membawa ke Montevideo beberapa tim yang anak 10 tahunnya belum pernah melihat eskalator atau Río de la Plata. Itu adalah pengalaman yang tak terlupakan," kata Etchandy dikutip dari El Pais, Selasa (9/2/2021).

Sehingga tak aneh, jika Spanyol menjadi negara ketiga terbanyak yang menerima pemain asal Uruguay. "Pemain Uruguay itu bermain karena dia harus hidup. Tanpa memberikan apapun. Anda bisa membutuhkan. Anda tidak kekurangan apa-apa tetapi Anda tidak memiliki apa-apa lagi Sepak bola adalah perpanjangan hidup Anda. Anda menangani diri Anda dengan cara yang sama. Anda tidak menyerah begitu saja. Anda memainkan bola seolah-olah itu yang terakhir. Itu saja."
(sha)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More