Mantan Kepala Mekanik Rossi Komentari Hilangnya Sihir Marquez di MotoGP

Jum'at, 21 Mei 2021 - 08:26 WIB
Marc Marquez sedang berjuang untuk menemukan kembali performa terbaiknya menunggangi motor RC213V Repsol Honda, saat ia kembali ke lintasan pacuan kuda besi MotoGP pasca absen sembilan bulan akibat mengalami patah tulang lengan kanan / Foto: AS Sport
CERVERA - Marc Marquez sedang berjuang untuk menemukan kembali performa terbaiknya menunggangi motor RC213V Repsol Honda, saat ia kembali ke lintasan pacuan kuda besi MotoGP pasca absen sembilan bulan akibat mengalami patah tulang lengan kanan. Juara enam kali di kelas utama MotoGP itu secara fisik belum 100% pulih, namun ia mencoba untuk terus berusaha mengembalikan kondisinya seperti sebelumnya.

Marquez adalah salah satu pembalap fenomenal yang sukses menghipnotis penikmat balap MotoGP di seluruh dunia. Seiring perjalanan, sihir The Baby Alien mulai meredup.

Ini terjadi lantaran ulah Marquez sendiri yang membalap dengan gaya ugal-ugalan. Akibatnya, dia kerap mengalami cedera dan puncaknya mematahkan lengan kanannya yang membuatnya menepi selama sembilan bulan.

BACA JUGA: Lorenzo Penasaran, Apakah Marquez, Miller, dan Bagnaia Bisa Tiru Rossi?

Juara dunia tiga kali di dua kelas berbeda, Luca Cadalora mengatakan, ada saat-saat dalam kehidupan pembalap di mana ada keajaiban dan semuanya selalu berjalan dengan baik. Mantan kepala mekanik Valentino Rossi itu pernah merasakannya dan ia tidak pernah tahu pada saat itu.



Lalu, tambah Cadalora, datang suatu masa yang mungkin bertepatan dengan episode lain seperti jatuh dengan konsekuensi yang lebih serius dari biasanya atau bertengkar dengan rekan setim. Ini tentu saja menyebabkan sihir hilang.

"Anda bukan lagi anak yang riang, Anda tidak dapat melakukan apa yang Anda lakukan sebelumnya. Jika Anda berubah, Anda masih bisa terus menang, tetapi jika tidak, maka itu menjadi masalah besar," kata Cadalora dikutip dari Marca, Jumat (21/5/2021).

BACA JUGA: Kata Rossi, Cuaca Panas di Indonesia Melebihi Malaysia

"Ini seperti peralihan dari masa remaja ke kedewasaan, Anda harus melakukannya, Anda tidak bisa menjadi anak laki-laki lebih lama lagi. Márquez telah ada selama bertahun-tahun, dengan keajaiban itu, jadi mulai sekarang dia harus mengubah pendekatannya terhadap balapan," sambung Cadalora.

Lebih lanjut, Cadalora menuturkan bahwa apa yang tengah dialami Marquez merupakan waktu yang ideal baginya untuk mencari tahu perubahan yang sedang dialaminya. Dia telah melakukan hal-hal menakjubkan di Moto2 yang tidak dapat diulangi oleh pembalap lain, dan ia mencoba untuk mentransfer gaya itu ke MotoGP.

"Ini menciptakan ikatan antara dia dan motor, yang memungkinkan Marc melakukan hal-hal luar biasa. Jika dia mencoba mengendarai Honda seperti 95% pengendara lain, itu tidak akan berhasil. Baik Márquez sedikit berubah dan mereka mengembangkan sepeda motor yang dapat dibawa tanpa terlalu banyak mengambil risiko, atau kemudian dia akan terus mengambil risiko seperti yang selalu dilakukannya."

"Sangat menyenangkan ketika Anda merasa tak terkalahkan, sihir menggairahkan Anda, tetapi Itu berakhir. Ini akan menjadi waktu yang tepat baginya untuk melakukan sesuatu yang berbeda, jadi dia akan mengurangi risikonya dan menurut saya, saya bisa pergi dengan sangat cepat pula," pungkas Cadalora.
(mirz)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More