Mengenal Jenis-Jenis Cedera: Momok bagi Atlet dan Masyarakat Pegiat Olahraga

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 18:05 WIB
Mengenal Jenis-Jenis Cedera: Momok bagi Atlet dan Masyarakat Pegiat Olahraga. Foto: inovanewsroom.org
JAKARTA - Cedera dalam olahraga bisa terjadi pada siapa saja; baik atlet maupun masyarakat biasa. Penanganan cedera ini harus cepat dan tepat guna meminimalisasi risiko jangka panjang.

Di antara yang cukup sering dijumpai adalah masalah otot. Peradangan otot maupun sendi akibat salah posisi, otot yang robek, ataupun dislokasi otot, tulang, dan sendi adalah beberapa jenis cedera yang umum terjadi saat berolahraga.



Kesalahan posisi bagian tubuh saat berolahraga, bersinggungan dengan sesama pemain, teknik bermain yang kurang tepat, dan penggunaan otot berlebihan dapat menyebabkan cedera di tangan dan bahu. Beberapa jenis olahraga yang dapat memicu cedera tangan dan bahu adalah golf, tenis, badminton, dan voli.

Penanganan cedera ini sedianya penting dilakukan secara cepat dan tepat. Hal ini seperti ditegaskan dr Iman Widya Aminata SpOT dari RS Pondok Indah .“Gunanya untuk meminimalkan risiko jangka panjang yang bisa timbul. Untuk itu, perlu dilakukan berbagai upaya diagnosis, salah satunya dengan pemanfaatan teknologi medis modern, seperti CAT Scan atau MRI,” urainya dalam acara media gathering yang diadakan RS Pondok Indah Group.



Penegakan diagnosis ini, sambungnya, perlu dilakukan untuk mengetahui lokasi dan mengidentifikasi cedera yang terjadi dengan lebih akurat sebagai tahapan awal untuk menentukan langkah penanganan yang tepat selanjutnya.



Cedera bahu dapat terjadi di tulang maupun otot. Namun, struktur tulang yang lebih keras menyebabkan cedera paling sering terjadi di otot. Cedera bahu ringan dapat diatasi dengan melakukan peregangan dan memak simalkan kerja bahu melalui fisioterapi.

Adapun cedera akibat peradangan otot dapat diatasi dengan istirahat, penggunaan kompres es untuk meredakan nyeri, pemberian analgesik, serta terapi untuk membantu proses pemulihan bahu.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More