Bayar Denda, Diego Costa Bebas dari Kurungan Penjara 6 Bulan

Kamis, 04 Juni 2020 - 19:04 WIB
Striker Atletico Madrid Diego Costa mengenakan masker pelindung saat tiba di pengadilan untuk menghadiri persidangan penipuan pajak di Madrid, Spanyol, Kamis (4/6/2020)/Foto/tangkapan layar Reuters/Sergio Perez
MADRID - Pemain depan Atletico Madrid Diego Costa muncul di pengadilan dengan mengenakan masker putih di ibukota Spanyol, Madrid, Kamis (4/5/2020). Mantan bintang Chelsea itu mengesahkan perjanjian dengan jaksa penuntut dalam menyelesaikan kasus penipuan pajak yang menjeratnya.

Jaksa memvonis enam bulan penjara dan denda senilai 507.208 euro (Rp8 miliar) untuk menghukum Costa karena menipu negara Spanyol senilai 1.014.416 euro (Rp16 miliar) pada tahun 2014. ( ).

Menurut keputusan pengadilan yang diterbitkan bulan lalu, Costa, 31 tahun, terbukti tidak melakukan pembayaran senilai 5,150,622 euro (Rp81,7 miliar) atas transfer dari Atletico ke Chelsea pada tahun 2014, serta lebih dari satu juta euro (Rp15 miliar) dalam hak citra.

Seperti yang disorot oleh El Mundo, mantan bintang Chelsea itu tidak akan menghabiskan waktu di balik jeruji besi karena dia telah setuju untuk membayar denda sebagai gantinya.

Itu sejalan dengan hukum Spanyol yang memungkinkan hukuman pidana di bawah dua tahun untuk kejahatan tanpa kekerasan diganti dengan hukuman keuangan.



Costa sudah mengembalikan uang beberapa bulan yang lalu senilai Rp16 miliar yang dia gelapkan selama tahun keuangan 2014, dan dia setuju untuk membayar denda tambahan 36.500 euro untuk menghindari penjara.

"Diego Costa mencapai kesepakatan beberapa bulan yang lalu dengan jaksa dan telah membayar denda ditambah bunga dan vonis hukuman penjara telah ditarik," kata juru bicara Atletico kepada Reuters, Rabu. "Minggu ini diharapkan kesepakatan akan disahkan di pengadilan, sebagaimana diwajibkan."

Pemain internasional Spanyol, Costa, yang mengenakan masker karena pandemi Covid-19, kembali ke Atletico dari Chelsea pada 2017 dengan harga 55 juta euro setelah membantu klub London itu memenangkan dua gelar Liga Primer.

Laga pertama Atletico Madrid setelah La Liga 2019/2020 digulirkan kembali, bertandang ke Athletic Bilbao pada Minggu, 14 Juni.
(sha)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More