Kalahkan Messi, Ronaldo Jadi Pemain Berpenghasilan USD1 Miliar Pertama dalam Sejarah Sepak Bola

Jum'at, 05 Juni 2020 - 21:04 WIB
Bintang Juventus Cristiano Ronaldo (kanan) menjadi atlet pertama dalam sejarah sepak bola yang menghasilkan USD1 miliar/Foto/The Irish Sun
TURIN - Bintang Juventus Cristiano Ronaldo mengalahkan kapten Barcelona Lionel Messi di luar lapangan. Mantan pemain Real Madrid itu menjadi atlet pertama dalam sejarah sepak bola yang menghasilkan USD1 miliar (sekitar Rp14 triliun) versi Majalah Forbes.

Penghasilan Ronaldo yang mencapai USD105 juta (Rp1,4 triliun) sebelum pajak dan pendapatan pada tahun sebelumnya itu juga membantunya meraih posisi keempat di Forbes Celebrity 100. ( ).

Penyerang asal Portugal tersebut menjadi atlet ketiga yang melampaui angka satu miliar dolar dan yang pertama melakukannya dalam olahraga tim. Di depan Ronaldo ada legenda golf Tiger Woods dan petinju Floyd Mayweather yang mencapai prestasi itu.

Woods mendapat dukungan pemasukan setelah mencapai kesepakatan dengan Nike sedangkan Mayweather mendapat penghasilan dari penjualan pay per view untuk pertandingan tinjunya. Mayweather mengklaim mendapatkan USD300 juta (Rp4,4 triliun) untuk pertarungan melawan uperstar UFC asal Irlandia Conor McGregor pada 26 Agustus 2017.

Berdasarkan proyeksi, Ronaldo, 35 tahun, diperkirakan akan menghasilkan pendapatan senilai USD765 juta (Rp10,7 triliun) pada saat kontraknya berakhir Juni 2022, dimana dia mendapatkan lebih dari USD115 juta (Rp1,7 triliun) dari yang dia hasilkan hingga kini.



Dari lapangan sepak bola, Ronaldo memperoleh USD650 juta (Rp9,2 triliun) selama 17 tahun sebagai pemain profesional. "Cristiano Ronaldo adalah salah satu pemain terhebat sepanjang masa, dalam olahraga paling populer di dunia, di era ketika sepak bola tidak pernah begitu kaya," kata Nick Harris dari Sporting Intelligence seperti dikutip Forbes. "Dia adalah box office."

Di sisi lain, Messi telah menghasilkan gaji total 605 juta dolar (Rp8,5 triliun) sejak debut seniornya pada tahun 2005 untuk Barcelona.

Ronaldo juga atlet yang paling banyak memiliki follower di media sosial dengan 222,4 juta pengikut di Instagram, 85,3 juta pengikut di Twitter dan 112 juta di Facebook.
(sha)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More