Inilah 5 Klub Paling Menguntungkan di Eropa, yang Terakhir di Luar Perkiraan

Sabtu, 29 Januari 2022 - 07:02 WIB
Klib asal London Utara itu pun tercatat sebagai klub yang memiliki keuntungan besar di Liga Inggris. Nasib baik Spurs tak lepas dari penampilan mengejutkan mereka di final Liga Champions di musim 2018-19 dan strategi transfer yang cerdik.

Tottenham tidak pernah menjual pemain mereka dengan murah dan jarang menghabiskan banyak uang untuk membeli pemain pada bursa transfer. Sebaliknya, Tottenham mengandalkan lulusan akademi.

3. Ajax Amsterdam (Liga Belanda)

Ajax Amsterdam dikenal sebagai salah satu klub yang mampu memproduksi pemain muda berbakat. Meskipun klub berjuluk de Joden kerap dipandang sebelah mata saat tampil di kompetisi Eropa, namun siapa sangka jika Ajax mampu mengumpulkan keuntungan hampir 239 juta euro atau sekira Rp3,8 triliun.

Ajax pun tercatat sebagai klub paling menguntungkan di Belanda. Pada musim 2018-19, ketika mereka mencapai semifinal Liga Champions, pemimpin Eredivisie saat ini mencatatkan keuntungan 69 juta euro.

4. Liverpool (Liga Inggris)

Di Liga Inggris ada satu klub yang punya keuntungan. Mereka adalah Liverpool. Di bawah kepemilikan Fenway Sports Group, klub raksasa Liga Inggris ini jarang mengejar pemain yang tidak memberikan nilai tambah bagi klub.

The Reds juga telah menjual pemain seperti Fernando Torres, Luis Suarez dan Philippe Coutinho untuk jumlah yang sangat besar. Itu membantu laba bersih mereka. Pasukan Juergen Klopp sejauh ini telah melakukannya dengan sangat baik dalam beberapa tahun terakhir.

Liverpool tidak hanya memenangkan Liga Champions dan gelar Liga Inggris dalam rentang itu, tetapi mereka juga menjaga pengeluaran bersih mereka sangat rendah. Klub yang bermarkas di Anfield itu telah menghabiskan laba bersih lebih dari 188 juta euro atau sekira Rp3 triliun selama lima tahun terakhir atau 387 juta euro kurang dari saingan berat Manchester United.

Total, Liverpool memiliki keuntungan hingga 240 juta euro atau sekira Rp3,8 triliun. Jika bukan karena Covid-19, Liverpool akan melampaui pendapatan 300 juta euro selama lima tahun terakhir.

5. Real Madrid (Liga Spanyol)

Pada bagian terakhir ada nama Real Madrid. Klub raksasa Spanyol yang dikenal jor-joran dalam belanja pemain itu ternyata punya cerita yang tak diketahui banyak penggemar Los Blancos.

Ini berkaitan dengan keuntungan yang mereka dapatkan. Sejak 2012, klub dari ibu kota Spanyol itu belum pernah mencatatkan satu pun tahun yang tidak menguntungkan secara finansial.

Madrid diketahui menghasilkan pendapatan sebesar 350 juta euro atau sekira Rp5,6 triliun. Tetapi semenjak Covid-19 melanda dunia, klub raksasa Spanyol itu hanya mencatat keuntungan sebesar 1,2 juta euro.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More