Liga Indonesia Akan Kembali Bergulir, PSSI Susun Regulasi

Sabtu, 20 Juni 2020 - 13:39 WIB
Klub-klub yang sebelumnya tidak setuju Liga 1 2020 dilanjutkan adalah Madura United, Persebaya Surabaya, PSIS Semarang, PSM Makassar, Barito Putera, Persita, Persela Lamongan, Bayangkara FC, Persija Jakarta, Persik Kediri, dan PSS Sleman. Meski demikian, beberapa di antaranya melunak dengan menyertakan catatan terkait protokol kesehatan yang wajib dipenuhi PSSI dan operator PT LIB.

“Setelah kompetisi dihentikan, kami intens melakukan komunikasi dengan klub Liga 1 dan Liga 2. Mereka sepakat kompetisi harus dilanjutkan. Setelah itu, kami bawa ke rapat Exco dan dengan ini PSSI memutuskan melanjutkan kompetisi,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Sebelumnya, PSSI juga mengusulkan pembayaran subsidi per termin dinaikkan dari Rp520 juta menjadi Rp800 juta sebagai syarat kelanjutan kompetisi dan tidak ada degradasi serta pertandingan dipusatkan di Pulau Jawa agar seluruh tim tidak perlu berada di tempat publik terutama bandara. Selain itu, hanya ada dua tim, sebelumnya tiga, yang akan promosi ke Liga 1. (Baca juga: Kangen Bobotoh, Pelatih Persib Bandung Tak Sabar Liga 1 Kembali Digelar)

Kemudian, untuk Liga 2 musim 2020, PSSI menyarankan kompetisi bergulir kembali mulai Oktober sampai Desember 2020, subsidi per termin dinaikkan menjadi Rp200 juta dan tanpa degradasi. Pertandingan Liga 2 juga diusulkan di Pulau Jawa dengan format home tournament. Sebanyak 24 tim peserta dibagi menjadi empat grup di mana masing-masing grup dihuni enam klub. (Abriandi)
(ysw)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More