Profil Marcell Januar, Bek Timnas Indonesia U-19 yang Dituntut Minim Blunder

Jum'at, 08 Juli 2022 - 07:01 WIB
Pesepak bola Indonesia U19 Marcell Januar Putra (kiri) di Piala AFF U19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/7/2022). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.
BEKASI - Profil Marcell Januar Putra, bek Timnas Indonesia U-19 ada di artikel ini. Pemain asal klub Persis Solo itu oleh netizen dituntut bermain lebih tenang karena dianggap sering bikin kesalahan di Piala AFF U-19 2022.

Marcell Januar menuai sorotan setelah dianggap kurang maksimal saat Timnas Indonesia U-19 bentrok Thailand U-19 di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (6/7/2022) malam. Di laga tersebut, skuad Garuda Nusantara selamat dari kebobolan berkat penampilan kiper Cahya Supriadi.



Penampilan barisan bertahan Timnas Indonesia U-19 sendiri dianggap kurang moncer, termasuk Marcell Januar. Lantas, seperti apa sepak terjang Marcell Januar?

Marcell Januar Putra merupakan bek Timnas Indonesia U-19 asuhan Shin Tae-yong. Pria kelahiran Gresik, 20 Januari 2004 ini turut menjadi pilihan STY dalam ajang Piala AFF U-19 2022 yang sedang berlangsung.



Pemilik akun Instagram @marcelljanuarpp ini diikuti 48 ribu followers. Adapun kariernya di dunia sepak bola dimulai ketika Marcell menjadi bagian Bali United U-16. Tepatnya pada tahun 2018 hingga 2021.

Pada level Tim Nasional, Marcell Januar juga pernah membela Timnas U-16. Bahkan, saat itu dia menjadi Kapten. Bersama Marselino, dia turut diboyong Shin Tae-yong ke Timnas U-19 untuk mengikuti ajang Piala AFF U-19 2022.

Pada gelaran AFF U-19 kali, Marcell melakoni debutnya saat Timnas melawan Vietnam U-19 dari bangku cadangan. Saat itu dia menggantikan Mohammad Ferrari yang mengalami cedera. Setelahnya, dia menjadi starter kala Garuda Muda melumat Brunei Darussalam 7-0.

Pada pertandingan melawan Thailand U-19, Marcell Januar masuk starting line up. Pemain asal klub Persis Solo Junior itu mengawal pertahanan Timnas bersama Ahmad Rusadi, Dimas Juliono, dan Kakang Rudianto.

Dalam pertandingan tersebut, Timnas meraih hasil imbang sehingga harus puas berada di peringkat keempat dengan raihan 5 poin dari 3 pertandingan. Selain itu, pada pertandingan ini, performa lini belakang Timnas menuai sorotan, termasuk Marcel Januar sendiri.

Sebagian menganggap timnas bisa saja kalah apabila Cahya Supriadi tak bermain bagus. Saat ini, Timnas U-19 menyisakan dua pertandingan melawan Myanmar U-19 dan Filipina U-19. Untuk memperbesar peluang lolos ke fase selanjutnya, Garuda Muda wajib memenangkan 2 lagi sisa tersebut.
(sto)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More