Periode Adaptasi 5 Pekan Dibutuhkan Klub Sebelum Liga Spanyol Digulirkan

Selasa, 28 April 2020 - 20:03 WIB
Pelatih Sevilla Julen Lopetegui memperingatkan LaLiga bahwa klub membutuhkan setidaknya lima minggu untuk mempersiapkan diri sebelum kembali beraksi di lapangan hijau / Foto: 90min
SEVILLE - Pelatih Sevilla Julen Lopetegui memperingatkan LaLiga bahwa klub membutuhkan setidaknya lima minggu untuk mempersiapkan diri sebelum kembali beraksi setelah penangguhan kompetisi yang disebabkan pandemi virus corona. Dikatakannya, periode adaptasi diperlukan untuk menjaga bagian lain dari kesehatan, bukan hanya berkaitan dengan virus corona.

Hampir dua bulan kompetisi Liga Spanyol dihentikan sementara akibat Covid-19. Sejak virus mematikan yang berasal dari Wuhan, China, dikonfirmasi di Spanyol, sudah ada 23.521 orang yang dinyatakan meninggal dunia.

Pemerintah Spanyol terus berusaha meminimalisir penyebaran Covid-19 dan hasilnya cukup mencengangkan. Dari informasi terbaru atau Senin (27/4), jumlah kematian di Negeri Matador menurun drastis. Itu merupakan pertanda yang bagus bahwa aktivitas olahraga bisa kembali dijalankan, termasuk sepak bola.

Presiden Liga Javier Tebas menyatakan keinginan untuk melanjutkan kompetisi tanpa kehadiran penonton. Tetapi Lopetegui menegaskan bahwa klub peserta Liga Spanyol perlu waktu lima pekan untuk kembali beraksi di lapangan hijau.

"Keadaan dan jaminan harus ada dan kemudian kita harus memiliki waktu tertentu. Akhir musim akan menjadi percobaan karena kami tidak tahu apa yang akan terjadi. Kami harus tenang dan menunggu, memberi arti penting bagi kesehatan masyarakat," tutur Lopetegui dikutip dari Sport, Selasa (28/4).



"Apa yang bisa saya pastikan adalah ini tidak akan seperti pengembalian setelah liburan musim panas. Baik bentuk maupun pikiran tidak akan menjadi 20 persen dari apa yang akan terjadi pada pra-musim normal. Kami jelas akan hal itu. Saya pikir ketika keadaan memungkinkan, dengan jaminan dari pemerintah, periode adaptasi akan diperlukan untuk menjaga bagian lain dari kesehatan, bukan hanya virus."

"Kami semua adalah manusia, dengan kekhawatiran, ada kasus (virus) dalam tim. Semua yang terjadi tidak dihapus dari profesi apa pun dan ini memengaruhi para pemain. Kami harus berbicara tentang waktu persiapan. Tetapi, sebagai seorang pelatih, saya melihat kami membutuhkan minimal lima minggu untuk berada dalam situasi di mana kami dapat bermain setiap tiga hari dalam situasi yang belum pernah dialami sebelumnya. Jadi kita harus berada dalam kondisi fisik terbaik," pungkas Lopetegui.
(sha)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More