Kurniawan Dwi Yulianto Bongkar Bobrok PSSI: Saya Ditodong Suara Sampai ke Toilet

Kamis, 19 Januari 2023 - 13:14 WIB
loading...
Kurniawan Dwi Yulianto...
Kurniawan Dwi Yulianto Bongkar Bobrok PSSI: Saya Ditodong Suara Sampai ke Toilet. Foto: Repro/Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Mantan penyerang Timnas Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto mengungkap praktik kecurangan dalam PSSI. Kurniawan menyebut kecurangan paling umum terjadi saat kontestasi pemilihan Ketua Umum PSSI.

Bicara dalam podcast chanel YouTube Abraham Samad Speak Up, Selasa (17/1/2023), Kurniawan awalnya menceritakan kisahnya ketika mencalonkan diri menjadi Ketum PSSI pada 2017 silam. Pengalaman maju dalam bursa calon Ketum PSSI membuat matanya terbuka.

"Saya 2017 tergerak untuk mencalonkan. Sebetulnya saya itu tahu sudah kalah itu sudah pasti. Tapi niat saya ingin membuka para senior yang tahu organisasi masuk, karena saya berharap mereka bisa mengurus sepak bola," kata Kurniawan.



Namun, Kurniawan Dwi Yulianto tidak membeberkan siapa pengurus senior yang dia maksudkan. Lebih lanjut, orang pertama yang mendapatkan tiket untuk mengikuti program Primavera ke Italia tahun 1993 itu mengaku dapat telepon dari sejumlah pihak ketika memutuskan untuk tetap maju.

"Apa yang terjadi saya kaget 2017 itu saya ditelponin beberapa orang yang saya ga kenal bahkan. Kurniawan di belakang loe siapa," katanya.

Orang yang menelepon tersebut, lanjut Kurniawan, menawarkan sejumlah suara dengan imbalan rupiah.

"Dia bilang saya bisa dapetin sekian suara. Saya merasa saya kalah itu pasti modal kebaikan aja," katanya.

Abraham Samad terpancing melempar pertanyaan soal pemilihan Ketua Umum PSSI yang disebut selalu diwarnai praktek curang. Lelaki kelahiran Magelang, Jawa Tengah, itu menegaskan bahwa kecurangan pemilihan Ketua Umum PSSI pasti ada.

"Kalau yang saya yakini yang saya alami ada. Kalau saya mau dapet suara, sekian (rupiah, red) nilainya," bebernya.

Bahkan dia sempat dibuntuti seseorang saat Kongres. Ketika itu, ia bahkan diminta menjadi calo suara.

"Pas di kongres aja waktu ke toilet ada yang minta suara ke saya. Bisa ga dapetin sekian suara kita berani bayar sekian ngga sampe ratusan juta. lu kan dari Jawa. Saya bilang: Eh, saya jelek-jelek gini calon Ketua Umum PSSI. Saya bukan calo," katanya.

"Faktanya tidak tahu, tapi kemungkinan ada, karena voternya kita tidak bisa jagain, tapi saya tidak bisa memastikan. Karena yang sesuai pengalaman saya aja," katanya.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)