Filip Hrgovic vs Andy Ruiz: Perebutan Juara Kelas Interim IBF

Jum'at, 20 Januari 2023 - 17:18 WIB
loading...
Filip Hrgovic vs Andy Ruiz: Perebutan Juara Kelas Interim IBF
Filip Hrgovic vs Andy Ruiz: Perebutan Juara Kelas Interim IBF/Bad Left Hook/Marca
A A A
Duel Filip Hrgovic vs Andy Ruiz Jr menjadi pertarungan perebutan gelar juara interim IBF kelas berat seperti yang diperintahkan oleh badan tinju dunia IBF. BoxingScene.com telah mengkonfirmasi bahwa perebutan gelar kelas berat IBF interim telah dipesan antara Hrgovic dan Ruiz, dengan masa negosiasi bebas selama 30 hari untuk pertarungan yang diusulkan.

Sebuah sidang penawaran akan digelar jika kedua belah pihak gagal mencapai kesepakatan, jika itu terjadi. Hrgovic dipromotori oleh Wasserman Boxing dan Matchroom Boxing, sementara Ruiz diwakili oleh TGB Promotions - promotor utama di bawah naungan Premier Boxing Champions (PBC).



Pertarungan seperti ini diserukan oleh badan pengawas satu tahun yang lalu - hampir mendekati hari ini - ketika IBF berusaha untuk menentukan penantang wajib untuk gelar kelas berat. Ruiz tidak dapat melanjutkan pembicaraan karena masa pemulihan dari cedera sebelumnya, sehingga menjadi salah satu dari beberapa petinju kelas berat yang menerima tawaran untuk menghadapi peraih medali perunggu Olimpiade 2016 dari Kroasia tersebut.

Hrgovic yang memiliki rekor (15-0, 12KO) kemudian menghadapi petinju Tiongkok, Zhilei Zhang (21-1-1, 13KO), yang bertahan dari knockdown pada ronde pembuka untuk meraih kemenangan melalui keputusan juri pada tanggal 20 Agustus lalu di Jeddah, Arab Saudi. Laga perebutan gelar ini terjadi di kartu yang sama dengan kemenangan berulang Oleksandr Usyk atas Anthony Joshua dari Inggris (24-3, 22KO) untuk mempertahankan gelar juara dunia kelas berat versi WBA, IBF, dan WBO.

Usyk yang memiliki rekor (20-0, 13KO) berhasil mempertahankan gelar juara dunia yang direbutnya dari Joshua dalam pertemuan mereka pada September 2021 di London Utara. IBF awalnya memerintahkan perebutan gelar wajib antara Usyk dan Hrgovic pada 12 November lalu, dengan pihak Hrgovic menuntut sidang tawaran hadiah segera.

Masalah ini ditunda hingga awal bulan ini, ketika IBF menawarkan dengan mengakui bahwa WBA adalah yang berikutnya dalam rotasi penantang wajib. Perkembangan ini berarti bahwa Daniel Dubois dari Inggris-yang memegang gelar kelas berat 'Reguler' WBA akan menjadi penantang berikutnya.

Dubois dipromotori oleh Queensberry Promotions, yang juga memiliki juara kelas berat WBA/WBC, Tyson Fury (33-0-1, 24KO), dan dengan dorongan besar menuju kejuaraan kelas berat tak terbantahkan antara Fury dan Usyk yang ditargetkan untuk musim semi ini di Timur Tengah atau Inggris. Tidak ada yang hilang bagi Hrgovic, yang diberi izin untuk bertarung demi gelar interim sambil menunggu perebutan gelarnya.

Ruiz dengan rekor (35-2, 22KO) hanya bertarung dua kali sejak kemenangannya atas Joshua dan sempat menjadi juara dunia kelas berat versi WBA, IBF dan WBO. Petinju kelas berat asal Meksiko ini mengejutkan dunia, setelah bangkit dari sebuah knockdown untuk mencetak empat kemenangan KO pada ronde ketujuh atas Joshua di Madison Square Garden, New York, pada bulan Juni 2019. Pertandingan ulang mereka pada bulan Desember 2019 melihat Joshua menang angka atas Ruiz yang sangat tidak bugar.



Sejak saat itu, ia meraih kemenangan melalui keputusan juri atas Chris Arreola pada bulan Mei 2021 dan Luis Ortiz pada tanggal 4 September lalu, keduanya di wilayah Los Angeles. Ruiz bangkit dari atas kanvas pada ronde kedua untuk mengungguli Arreola melalui kemenangan mutlak. Absen selama 16 bulan akibat cedera yang dialaminya berakhir dengan kemenangannya dalam tayangan utama Fox Sports PPV atas Ortiz.

Kemenangan atas Ruiz terjadi dalam laga semifinal eliminasi WBC , sebagai bagian dari pertandingan antara empat orang. Di sisi lain, mantan juara WBC, Deontay Wilder, mencetak kemenangan KO pada ronde pertama atas Robert Helenius pada 15 Oktober lalu di Barclays Center, Brooklyn, New York. Harapannya adalah untuk menampilkan pertandingan final Wilder vs Ruiz, seperti yang diperintahkan dalam konvensi WBC November lalu di Acapulco, Meksiko. Pertarungan tersebut belum masuk ke dalam jadwal.

Menariknya, Wilder berada satu peringkat di bawah Ruiz, yaitu di peringkat empat dalam peringkat IBF. Kombinasi antara Wilder-Ruiz yang telah diselesaikan, atau Ruiz dan Wilder menolak tawaran untuk bertarung memperebutkan gelar IBF sementara dapat membuat Joshua masuk ke dalam pertarungan. Joshua masih belum memiliki lawan untuk pertandingan yang direncanakan pada bulan April di The O2, London.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1912 seconds (0.1#10.140)