Rudi Voeller Ditunjuk Jadi Direktur Timnas Jerman

Sabtu, 21 Januari 2023 - 03:00 WIB
loading...
Rudi Voeller Ditunjuk Jadi Direktur Timnas Jerman
Rudi Voeller Ditunjuk Jadi Direktur Timnas Jerman
A A A
JAKARTA - Mantan pemain Timnas Jerman Rudi Voeller ditunjuk sebagai direktur tim nasional putra negara ini, kata Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) seperti dikutip AFP, Jumat (20/1/2023).

Penunjukan ini dilakukan setelah Jerman gagal dalam Piala Dunia Qatar 2022. Tugas Voeller adalah meletakkan fondasi bagi keberhasilan Jerman dalam Euro 2024 yang akan dituanrumahi Jerman, kata DFB.

Juara dunia empat kali itu tersingkir pada fase grup Piala Dunia untuk kedua kali berturut-turut sampai direktur tim Oliver Bierhoff mundur pada Desember.



Voeller akan mengisi posisi yang ditinggalkan Bierhoff itu pada 1 Februari. Penunjukkan dia didasarkan atas saran gugus tugas yang dibentuk DFB pada Desember yang di dalamnya juga terdapat Voeller.

"Pada diri Rudi Voeller kami telah menemukan orang yang ideal untuk 20 bulan ke depan," kata presiden DFB Bernd Neuendorf.

Mantan striker produktif yang kemudian menjadi pelatih itu menikmati status kultus di Jerman. Dia mencetak 47 gol dalam 90 pertandingan timnas Jerman Barat dan Jerman yang delapan di antaranya terjadi dalam Piala Dunia.

Voeller mengangkat Piala Dunia bersama Jerman pada 1990 setelah memenangkan penalti saat timnya menang 1-0 atas Argentina.

Dia kemudian melatih tim nasional sampai membawa mereka ke final Piala Dunia 2002 untuk menyerah 0-2 kepada Brazil.

Voeller juga bekerja sebagai direktur olahraga saat membantu membangun Bayer Leverkusen sebagai salah satu klub terbesar di negara itu selama dua masa jabatannya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)