Penampilan AC Milan Meningkat, Dampak Besar Buat Pioli

Selasa, 14 Juli 2020 - 11:33 WIB
loading...
Penampilan AC Milan Meningkat, Dampak Besar Buat Pioli
Duel udara Zlatan Ibrahimovic dengan pemain Juventus. Foto/Reuters
A A A
NAPLES - Sejak ada isu pergantian kursi pelatih, penampilan AC Milan justru memperlihatkan grafik meningkat. Mereka berhasil menundukkan para raksasa, termasuk menghambat langkah Juventus dalam perburuan gelar.

Stefano Pioli dikabarkan akan diganti pelatih asal Jerman Ralf Rangnick. Alasannya, penampilan Milan sempat tidak stabil karena terlempar dari persaingan tiket Eropa. Kini, pelan tapi pasti, penampilan Milan terus membaik. Mereka berhasil melewati jadwal ketat dengan lawan berat tanpa kekalahan.

Terakhir, Milan menunjukkan soliditas performanya seusai menahan SSC Napoli 2-2 di Stadio San Paolo, Senin (13/7/2020). Kebangkitan I Rossoneri di pengujung musim ini memperlihatkan dampak besar keberadaan Pioli.

Milan yang unggul melalui Theo Fernandez pada menit ke-20 sempat ketar-ketir karena Napoli berbalik unggul lewat gol-gol dari Giovanni Di Lorenzo (34) dan Dries Mertens (60). Beruntung, Milan terhindar dari kekalahan setelah menyamakan kedudukan melalui penalti Franck Kessie (73). (Baca: Zlatan Ibrahimovic Beri Isyarat Hengkang dari Milan)

Kans I Rossoneri lolos ke Zona Eropa tetap terjaga karena hanya empat poin dari AS Roma yang berada di urutan kelima klasemen sementara Seri A (54 poin). Pioli mengatakan, Milan telah menunjukkan kualitas terbaik sebagai tim kuat saat melawan Napoli, seperti halnya ketika menumbangkan dua kandidat scudetto musim ini, yakni SS Lazio 3-0, Minggu (5/7), dan Juventus 4-2, Rabu (8/7/2020).

“Permainan yang sangat sulit melawan tim-tim terbaik di liga, tapi kami menunjukkan bahwa kami siap untuk tugas itu. Ketika Anda mendapatkan hasil dan melakukan penampilan yang kuat melawan lawan seperti Napoli, itu benar-benar meningkatkan kepercayaan diri Anda,” kata Pioli, dilansir football-italia.net.

Konsistensi yang ditunjukkan Milan mengindikasikan bahwa Pioli telah memberikan pengaruh signifikan bukan hanya dari sisi permainan, tapi juga menjaga harmonisasi di ruang ganti. Beberapa pihak menganggap para pemain telah merasa nyaman di bawah Pioli dan hasil di lapangan sebagai bentuk upaya mereka membela sang pelatih yang santer bakal dilengserkan. (Baca: Kasus Virus Corona Tembus 13 Juta Orang di Penjuru Dunia)

Posisi Pioli dikabarkan akan digantikan Rangnick. Jika itu terjadi, akan terasa aneh karena Milan sedang menunjukkan grafik menanjak. Namun, rumor masa depannya di Milanelo tidak membuat Pioli pusing.

Juru taktik berusia 54 tahun tersebut menegaskan fokusnya saat ini membawa Milan menyelesaikan musim dengan sebaik mungkin demi menjaga peluang ke kompetisi Eropa musim depan. Selanjutnya, Zlatan Ibrahimovic dkk akan menjamu AC Parma di San Siro, Kamis (16/7).

“Terlalu penting fokus sekarang mengakhiri musim dengan setinggi mungkin. Sulit bagi pelatih mana pun setiap tiga hari tampil sehingga saya tidak bisa membuang-buang energi untuk sesuatu yang terus terang di luar kendali saya. Saya lebih suka fokus pada apa yang bisa saya kendalikan, melatih tim, dan bersiap untuk pertandingan berikutnya,” sebut Pioli.

Dari kubu Napoli, hasil imbang membuat mereka gagal menyamai poin AS Roma. I Partenopei tertahan di urutan keenam dengan 52 poin. Semakin tidak nyaman karena Napoli juga hanya berjarak dua poin dari Milan. Menanggapi pertemuan pertamanya melawan Milan yang pernah dibelanya (1999—2012), sejak berkarier sebagai pelatih, Genaro Gattuso mengaku sangat kecewa dengan performa timnya. (Lihat videonya: Pemotor Arogan Berhentikan Ambulans yang sedang Bawa Pasien)

Dia menilai Napoli gagal mencetak lebih banyak gol dan terlalu mudah kebobolan oleh Milan. Karena itu, Gattuso menuntut pasukannya menunjukkan kinerja lebih baik saat menghadapi Bologna, Kamis (16/7).

“Yang membuat saya marah karena para pemain menyia-nyiakan enam atau tujuh peluang untuk mencetak gol. Ini bukan hanya para striker, tapi juga para pemain sayap dan gelandang tengah. Kami menciptakan begitu banyak peluang dan tidak cukup menyelesaikannya. Di situlah kami harus meningkatkan penampilan,” tandas Gattuso. (Alimansyah)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1494 seconds (0.1#10.140)