Menanti Debut Ban Belakang Power Slick Michelin di MotoGP Jerez

Selasa, 14 Juli 2020 - 17:04 WIB
loading...
Menanti Debut Ban Belakang Power Slick Michelin di MotoGP Jerez
Pemasok ban resmi MotoGP, Michelin bersiap untuk memulai pagelaran seri pembuka pada kejuaraan grand prix balap motor di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (19/7/2020) / Foto: roadracingworld
A A A
JEREZ - Pemasok ban resmi MotoGP , Michelin bersiap untuk memulai pagelaran seri pembuka pada kejuaraan grand prix balap motor di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (19/7/2020). Pada balapan pertama ini, perusahaan asal Prancis tersebut memiliki kesempatan untuk memberikan evolusi terbaru dengan menghadirkan ban belakang power slick setelah pengenalan ke dalam alokasi ban pada awal tahun.

Cakeraman ban belakang baru memiliki konstruksi berbeda yang dirancang untuk memberikan peningkatan pada kinerja pengereman dan daya tahan yang diperpanjang untuk semua pengendara dan pabrikan. Mengikuti program pengujian menyeluruh pada 2019 dan awal tahun 2020, termasuk sesi unik selama Grand Prix Australia tahun lalu untuk mengevaluasi ban di salah satu sirkuit kalender yang paling menuntut.

Semua data dianalisis oleh teknisi Michelin di Clermont-Ferrand, bersama dengan umpan balik pengendara, dan konstruksi baru ditambahkan ke alokasi untuk musim 2020. Itu seharusnya muncul pertama kali di Grand Prix Qatar, tetapi ketika balapan ditunda itu diadakan dalam kesiapan untuk dimulainya kembali kegiatan di Sirkuit Jerez. (Baca juga: Gabung Honda 2021, Espargaro Gusur Alex Marquez )

Ban belakang power slick ini akan menjadi konstruksi baru mengingat suhu di Sirkuit Jerez ini jauh lebih tinggi dari tanggal yang dijadwalkan semula pada Mei lalu. Tetapi selama penangguhan balapan, teknisi Michelin telah bekerja keras untuk data masa lalu dari trek dan dengan bantuan simulasi komputer, telah memilih senyawa terbaik untuk mencocokkan konstruksi baru dan memberikan kinerja optimal di sekitar sirkuit sepanjang 4,423m, yang telah memiliki pekerjaan pelapisan ulang penuh dan sebagian di musim terakhir.

Pilihan untuk kedua akhir pekan balap akan menampilkan senyawa yang sama dan Michelin menyediakan tiga ban, yakni Power Slick depan dan tiga belakang dengan penambahan senyawa lunak, sedang, dan keras. Semua bagian depan akan memiliki desain simetris, dengan bagian belakang menampilkan penyelesaian asimetris dengan sisi kanan yang lebih keras untuk mengatasi delapan belokan kanan yang memberikan tuntutan ekstra kepada ban, dibandingkan dengan hanya lima sudut kiri.

Mengantisipasi kondisi cuaca yang bisa secara tiba-tiba berubah, Michelin akan mengalokasikan ban power dengan senyawa lunak dan menengah pada bagian depan serta belakang. Bagian depan simetris, serta bagian belakang memiliki desain asimetris dengan sisi kanan lebih keras. (Baca juga: Penampakan Motor Satelit Petronas SRT Milik Valentino Rossi )

Tidak hanya menyediakan ban untuk sirkus MotoGP saja. Staf Michelin juga harus mematuhi protokol ketat untuk memastikan balapan berjalan dengan baik. Meskipun ada perubahan tersebut, namun Michelin bertekad memberikan tontonan dan memberikan ban terbaik agar balapan berjalan baik.

Berikut Pernyataan Resmi Manajer Roda Dua Michelin Motorsport, Piero Taramasso:

Ini adalah langkah maju yang menggembirakan bahwa musim dapat berlangsung. Kami memiliki awal yang baik untuk tahun ini dengan tes dan menyelesaikan ban belakang baru, tetapi kemudian semuanya ditunda oleh peristiwa mengerikan yang terjadi. Kami sekarang memiliki kesempatan untuk balap dan memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan untuk para penggemar setelah masa-masa sulit ini.

Dengan kalender baru, beberapa lintasan sekarang memiliki tanggal yang berbeda dari yang asli, dan yang paling mencolok adalah yang pertama di Jerez. Kami berharap suhu jauh lebih tinggi daripada yang mungkin terjadi pada Mei, tetapi kami telah menganalisis data masa lalu dan menjalankan simulasi komputer untuk memahami apa yang akan diharapkan dan telah mencocokkan senyawa-senyawa tersebut.

Yang paling penting bagi kami adalah debut ban belakang yang baru. Konstruksi telah diverifikasi pada tes pra-musim dan ditambahkan ke kisaran untuk tahun 2020, jadi ini akan menjadi pertama kalinya kami melaju dengan itu. Ketika kami kembali ke MotoGP pada tahun 2016 kami memastikan bahwa kami akan terus berkembang dan bertekad untuk mendorong kinerja lebih jauh tahun ini. Ban slick belakang baru telah dirancang untuk bekerja untuk semua pengendara dan mesin, dan mengikuti tes terakhir di Qatar di mana kami melihat beberapa waktu putaran cepat. Kami yakin bahwa semua pabrikan akan menemukan pengaturan terbaik untuk membuat sepeda motor masing-masing bekerja secara optimal dan memberikan pertunjukan kelas satu untuk semua. Mudah-mudahan ada beberapa catatan baru untuk Michelin di kedua acara di Jerez.
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0949 seconds (0.1#10.140)