Mengenal Jupiler Pro League: Kasta Teratas Liga Belgia, Destinasi Marselino Ferdinan

Rabu, 25 Januari 2023 - 06:30 WIB
loading...
Mengenal Jupiler Pro League: Kasta Teratas Liga Belgia, Destinasi Marselino Ferdinan
Bintang Timnas Indonesia Marselino Ferdinan akan merumput di kompetisi elite Eropa/Foto/PSSI/IST
A A A
BRUSSELS - Bintang Timnas Indonesia Marselino Ferdinan akan merumput di kompetisi elite Eropa. Tak tanggung-tanggung, gelandang Persebaya Surabaya itu dilirik klub Belgia yang bermain di kasta teratas Jupiler Pro League . Profil Jupiler Pro League akan diulas dalam artikel ini.

Kabar mengejutkan sekaligus menggembirakan menyeruak pekan ini, kala penggawa timnas Merah Putih Marselino Ferdinan disebut-sebut tengah diminati klub Belgia yang bermain di kasta teratas Jupiler Pro League.

Baca juga: Frank Lampard Dipecat Everton

Jika skenario berjalan mulus, hal ini tentu menjadi sebuah kabar baik bagi publik Indonesia. Pasalnya, selain menambah daftar pemain yang bermain di luar negeri, hal tersebut juga bisa menjadi pemantik bagi pemain lain agar terpacu untuk berkarier di luar tanah air.

Sekadar informasi, Jupiler Pro League merupakan kompetisi liga teratas untuk klub sepak bola di Belgia. Bisa dibilang sama seperti Premier League di Inggris, La Liga di Spanyol, Serie A di Italia, Bundesliga di Jerman, dan lain sebagainya.

Baca juga: Hasil Piala Prancis: Mbappe Cetak Quintrick, PSG Pesta 7 Gol ke Gawang Pays de Cassel

Mengutip laman Soccer Times, kasta teratas liga sepak bola Belgia ini didirikan pada 1895. Pada musim 2022/2023 ini, Jupiler Pro League diikuti 18 kontestan yang berbeda untuk memperebutkan gelar juara.

Melihat sistemnya, sejatinya Liga Belgia ini tak berbeda jauh dengan kompetisi lain di dunia. Posisi 16 hingga 18 akan degradasi dan nantinya posisi 1 hingga 8 akan saling tampil di babak playoff Liga Champions Eropa maupun playoff Liga Eropa.

Sejumlah tim populer yang bermain di Jupiler Pro League ini di antaranya adalah Anderlecht, KRC Genk, KAA Gent, Club Brugge, hingga Standard Liege. Selain itu, ada juga klub yang dihuni pemain naturalisasi Indonesia Sandy Walsh, yakni KV Mechelen.

Dalam sejarahnya, sejumlah pemain top dunia juga pernah merumput di kasta tertinggi liga sepak bola Belgia ini. Sebut saja seperti Kevin De Bruyne (KRC Genk), Romelu Lukaku (Anderlecht), Thibaut Courtois (KRC Genk), dan masih banyak lainnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2452 seconds (10.101#12.26)