Setelah Pecat Frank Lampard, Farhad Moshiri Siap Jual Everton Rp9,2 Triliun!

Rabu, 25 Januari 2023 - 09:02 WIB
loading...
Setelah Pecat Frank Lampard, Farhad Moshiri Siap Jual Everton Rp9,2 Triliun!
Penguasa asal Inggris keturunan Iran, Farhad Moshiri, dilaporkan siap melepas saham mayoritas Everton dengan nilai 500 juta poundsterling atau sekitar Rp9,2 triliun / Foto: Daily Star
A A A
LIVERPOOL - Penguasa asal Inggris keturunan Iran, Farhad Moshiri, dilaporkan siap melepas saham mayoritas Everton dengan nilai 500 juta poundsterling atau sekitar Rp9,2 triliun. Kabar mengejutkan ini datang hanya berselang sehari setelah pemecatan pelatih Frank Lampard .

Dalam laporan The Guardioan dikutip dari DailyStar, Rabu (25/1/2023), Moshiri menjadi pemilik mayoritas klub Merseyside tahun lalu, setelah meningkatkan sahamnya menjadi 94%. Meski menjadi pemegang saham mayoritas, Moshiri sudah mencari investasi dari luar untuk menyuntikkan dana ke klub.

Sejumlah pembeli potensial dilaporkan telah menyatakan minatnya pada klub tersebut. Laporan juga memahami Moshiri dikatakan terbuka untuk pengambilalihan penuh atau sebagian dari klub.

BACA JUGA: Hasil Lazio vs AC Milan: Elang Ibu Kota Acak-acak Gawang Rossoneri

Diyakini Moshiri ingin mendapatkan kembali dana yang dia investasikan di stadion baru Everton, yang saat ini sedang dibangun di Dermaga Bramley-Moore. Deloitte dipercaya mengambil alih penjualan klub yang saat ini terpuruk di posisi ke-19.

Moshiri juga telah menginvestasikan sekitar 700 juta poundsterling, dengan memboyong 50 pemain untuk bergabung dengan klub. Hanya 400 juta poundsterling yang telah diperoleh kembali dari penjualan pemain selama periode itu.

Sementara penampilan The Toffees di lapangan tidak sesuai dengan ekspektasi. Everton diketahui saat ini berada di posisi 19 di klasemen sementara Liga Inggris 2022-2023 dengan hanya meraup 15 angka. Performa buruk itu yang membuat klub memutuskan untuk memecat Lampard.

BACA JUGA: AC Milan Dilumat Lazio, Stefano Pioli Marah: Ada yang Tidak Beres!

Akibatnya, klub mengalami kerugian sekitar 372,6 juta poundsterling. Para penggemar sudah muak dengan dewan, dan kemudian menginginkan orang-orang seperti Moshiri dan Bill Kenwright pergi.

Terlepas dari laporan terbaru, pemegang saham mayoritas Moshiri menegaskan dia tidak akan menjual dan mempertahankan keputusannya di tingkat dewan. Dia mengklaim dia hanya akan mendengarkan tawaran untuk investasi dalam proyek Bramley Moore Dock Stadium mereka dengan biaya yang melonjak lebih dari 700 juta poundsterling.

"Klub ini tidak untuk dijual tetapi saya telah berbicara dengan investor top untuk menjembatani kesenjangan di stadion. Saya bisa melakukannya sendiri tetapi saya ingin membawa investor olahraga papan atas ke Everton. Kami hampir mencapai kesepakatan," ungkap Moshiri.

(yov)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4547 seconds (11.97#12.26)