5 Pemain Timnas Indonesia Tersisa yang Abroad di Liga Luar Negeri

Rabu, 01 Februari 2023 - 09:00 WIB
loading...
5 Pemain Timnas Indonesia Tersisa yang Abroad di Liga Luar Negeri
5 Pemain Timnas Indonesia Tersisa yang Abroad di Liga Luar Negeri
A A A
JAKARTA - Keputusan Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman pulang ke Tanah Air setelah merumput di Eropa membuat peta pemain abroad bintang Timnas Indonesia di luar negeri berubah. Siapa saja yang masih bertahan di liga luar negeri?

Seperti kita ketahui, awal tahun 2023 melahirkan sejumlah kejutan buat pecinta sepak bola nasional. Sebab, Egy Maulana Vikri memutuskan bergabung dengan klub Dewa United, sedangkan Witan Sulaeman gabung dengan Persija Jakarta.



Egy memutuskan untuk bergabung dengan klub Liga 1, Dewa United. Keputusan itu diambil pemain berusia 22 tahun tersebut setelah kontraknya bersama FC ViOn Zlate Moravce tidak diperpanjang.

Hal serupa juga dilakukan oleh Witan setelah hengkang dari AS Trencin dan memutuskan bergabung dengan Persija Jakarta. Bahkan, Witan mendapatkan kontrak yang cukup panjang, yakni 3,5 tahun bersama Macan Kemayoran.

Lantas, siapa pemain Timnas Indonesia yang masih merumput di luar negeri? Berikut 5 pemain Timnas Indonesia di liga luar negeri.

1. Pratama Arhan

Pratama Arhan resmi bergabung bersama klub Jepang, Tokyo Verdy, pada Februari 2022. Pemain asal Blora melakoni debutnya pada pekan ke-26, Arhan dimainkan sejak menit awal saat bertemu Tochigi Goldfly SC, Rabu (6/7/2022).

Sampai saat ini, Pratama Arhan masih tercatat sebagai pemain Tokyo Verdy. Menurut laman Transfermarkt, kontrak Arhan bersama klubnya baru akan berakhir pada 31 Januari 2024.

2. Asnawi Mangkualam

Bek Tim Nasional Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, resmi bergabung klub Korea Selatan, Jeonnam Dragons setelah sebelumnya bersama Ansan Greeners FC pada Januari 2022. Asnawi tampil bagus bahkan dia sukses mencetak gol perdananya bersama Ansan hanya dalam beberapa penampilan.

3. Elkan Baggott

Bek Timnas Indonesia Elkan Baggott adalah prospek cerah bagi Merah Putih. Pemain bertubuh jangkung tersebut memperkuat Ipswich Town dan saat ini tengah dipinjamkan ke tim divisi ketiga Liga Inggris, Cheltenham Town

4. Jordi Amat

Pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang satu ini berani karena bergabung dengan klub Liga Malaysia, Johor Darul Tazim. Tentu tidak ada yang salah dengan itu, namun, seperti kita tahu suporter Indonesia punya sentimen emosional terhadap Malaysia sehingga manuver transfer Jordi Amat mendapat kecaman dari netizen.

Kendati demikian, mantan pemain Swansea City tersebut mendapat dukungan dari banyak pihak termasuk PSSI untuk melanjutkan kariernya di Malaysia. Sampai saat ini, Jordi Amat menjadi salah satu pemain Timnas Indonesia yang merumput di liga asing.

5. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama adalah pemain terakhir dalam daftar ini. Pemain yang baru mengantongi status WNI pada Januari 2023 itu memang belum melakoni debut bersama Skuad Garuda, namun dia tetap dihitung sebagai pemain Indonesia yang merumput di luar negeri.

Shayne saat ini bermain untuk klub Norwegia, Viking FK. Pemain berusia 24 tahun itu kontraknya baru akan berakhir pada 31 Desember 2023 bersama Viking FK.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1985 seconds (0.1#10.140)