Arab Saudi Tuan Rumah Piala Asia 2027, Pangeran Abdulaziz: Kami sangat Bersemangat

Kamis, 02 Februari 2023 - 07:30 WIB
loading...
Arab Saudi Tuan Rumah Piala Asia 2027, Pangeran Abdulaziz: Kami sangat Bersemangat
Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi menunjuk Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Asia 2027. Foto: gulf-times.com
A A A
RIYADH - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi menunjuk Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Asia 2027. Ini pertama kalinya negara kaya minyak itu dipercaya untuk menggelar turnamen sepak bola tertinggi di Benua Kuning.



"Arab Saudi akan menjadi tuan rumah Piala Asia 2027. Turnamen paling bergengsi di Asia akan diadakan di Arab Saudi untuk pertama kalinya," tulis AFC di akun Instagram resminya.

Keputusan AFC menunjuk Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Asia 2027 usai kongres pemilihan di Manama, Bahrain, Rabu (1/2/2023) kemarin. Mereka terpilih karena menjadi satu-satunya negara yang mengajukan diri.

Sejak Piala Asia bergulir pertama kali pada 1956 di Hong Kong, Arab Saudi telah tiga kali (1984, 1988 dan 1996) menjadi juara. Namun, belum pernah merasakan jadi tuan rumah.

Arab Saudi kabarnya akan mengajukan delapan stadion sebagai lokasi pertandingan. "Kami sangat bersemangat untuk menghadirkan turnamen terbesar dalam sejarah kompetisi ini," ungkap menteri olahraga Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Turki al-Faisal.

“Kerajaan (Arab saudi) sedang berubah di depan mata kami dan kami sangat bersemangat untuk melihat seperti apa kerajaan itu di tahun 2027," tambahnya, dikutip dari Gulf Times.

Arab Saudi telah mengeluarkan ratusan juta dolar untuk kesepakatan terkait olahraga, termasuk perekrutan Cristiano Ronaldo oleh Al-Nassr, pengadaan Formula 1 di Jeddah dan turnamen golf.

"Semuanya mungkin. Seperti yang Anda lihat, menyelenggarakan acara di Arab Saudi itu besar. Dan itu bagian dari visi 2030 kami,” cetus Abdulaziz.

“Apa pun yang akan datang dengan cara kami yang kami anggap layak untuk visi dan strategi yang kami miliki pasti akan kami coba kejar," pungkasnya.



Arab Saudi yang merupakan pengekspor minyak terbesar dunia, juga telah mengadakan pembicaraan dengan Mesir dan Yunani tentang tawaran Piala Dunia bersama untuk edisi 2030.

View this post on Instagram

A post shared by #AsianCup2023 (@afcasiancup)

(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4320 seconds (0.1#10.140)