Keuntungan Erick Thohir Saat Jual Saham Inter Milan di Tahun 2019

Sabtu, 18 Februari 2023 - 07:00 WIB
loading...
Keuntungan Erick Thohir Saat Jual Saham Inter Milan di Tahun 2019
Keuntungan Erick Thohir Saat Jual Saham Inter Milan di Tahun 2019
A A A
JAKARTA - Erick Thohir resmi menjabat Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia ( PSSI ). Di industri sepak bola, Erick dikenal sebagai pernah menjabat presiden klub Inter Milan.

Menurut Forbes, Erick Thohir membeli sebagian besar saham Inter Milan pada 2013. Dari pembelian tersebut Erick menguasai secara efektif 35% dari total saham. Sedangkan Massimo Moratti, presiden il Biscione sebelumnya hanya menguasai 30% dari total saham.

Baca Juga: Ketum PSSI dari Masa ke Masa, Dari Soeratin hingga Erick Thohir

Berdasar laporan dari Fox Sports, pembelian yang transaksi yang dilakukan oleh Erick Thohir tersebut diperkirakan senilai 475 juta dolar AS. Namun pada tahun 2019, Erick Thohir melepas sahamnya ke perusahaan asal Hong Kong, Lion Rock Capital yang dikendalikan oleh Zhang Jindong.

Dari transaksi tersebut menjadikan Lionrock Capital sebagai pemegang saham terkecil di Inter Milan setelah mendapat 31% dari Erick Thohir.

Mengutip situs resmi Inter, LionRock (perusahaan investasi asal China yang berbasis di Singapura) menjadi pembeli saham milik Erick. Nilai pembelian 31,05% saham itu tidak disebutkan.

Namun, sejumlah media di Italia salah satunya Sky Italia, meyakini jumlahnya mencapai senilai 150 juta euro, bila berdasar kurs saat ini nilai tersebut sebesar Rp2,4 triliun.

Artinya, Erick mendapat dana sekitar EUR 350 juta dari penjualan sahamnya di Inter. Kala membeli 70% saham Inter pada 2013, Erick 'hanya' mengeluarkan dana EUR 250 juta, mengutip Forbes.

Jadi, Erick mendapatkan cuan EUR 100 juta dari Inter. Kalau dihitung dengan kurs saat ini, keuntungan yang diraup Erick mencapai sekitar Rp1,6 triliun.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4553 seconds (0.1#10.140)