Junto Nakatani vs Andrew Moloney: Berebut Sabuk WBO Kazuto Ioka

Jum'at, 17 Februari 2023 - 22:22 WIB
loading...
Junto Nakatani vs Andrew Moloney: Berebut Sabuk WBO Kazuto Ioka
Junto Nakatani vs Andrew Moloney: Berebut Sabuk WBO Kazuto Ioka/Boxing Scene
A A A
Pertarungan seru Junto Nakatani vs Andrew Moloney akan memperebutkan sabuk juara Kelas Bantam Junior WBO yang ditinggalkan Kazuto Ioka. BoxingScene.com mengkonfirmasi bahwa Junto Nakatani dan Andrew Moloney diinstruksikan untuk melakukan pembicaraan perebutan gelar kelas bantam junior WBO yang masih lowong.

Perkembangan ini terjadi tak lama setelah Kazuto Ioka melepaskan gelarnya untuk mengejar pertarungan ulang dengan pemegang gelar WBA kelas bulu, Joshua Franco, yang akan berlangsung pada bulan Juni di Jepang. Batas waktu negosiasi akan diberikan kepada kedua petinju sebelum sidang penawaran bayaran digelar, meskipun diharapkan kesepakatan akan tercapai sebelum itu.


Nakatani diwakili oleh Teiken Promotions milik Honda, sementara Moloney dipromosikan oleh Top Rank dan dikelola oleh Tony Tolj. Teiken dan Top Rank sering bekerja sama, termasuk dalam karier Nakatani yang telah tampil dalam beberapa promosi bersama. Nakatani yang memiliki rekor (24-0, 16KO) dinobatkan sebagai penantang wajib untuk gelar juara kelas bantam junior WBO dalam konvensi badan tinju dunia tersebut pada bulan Oktober lalu di San Juan, Puerto Rico.

Peringkat tersebut datang sebagai imbalan atas pengosongannya dari gelar kelas terbang WBO, meskipun dengan pemahaman bahwa ia harus menunggu pertandingan unifikasi WBA/WBO Franco-Ioka yang telah dijadwalkan pada malam tahun baru lalu di Tokyo. WBO memutuskan dalam konvensi tersebut bahwa Nakatani dijamin akan kembali menantang gelar tersebut dalam waktu 180 hari setelah pertarungan unifikasi.

Kazuto Ioka (29-2, 15KO) dan Joshua Franco (18-1-3, 8KO) bertarung sampai hasil imbang melalui keputusan mayoritas selama 12 ronde, yang membuat Ioka harus mempertahankan gelarnya sebagai pemegang gelar WBO. Ioka-Nakatani secara resmi diperintahkan pada tanggal 9 Januari, namun masa negosiasi selama 30 hari gagal menghasilkan kesepakatan.

Sebuah sidang penawaran hadiah dijadwalkan oleh WBO pada tanggal 23 Februari, namun dibatalkan setelah Ioka mengosongkan gelarnya. Nakatani memenangkan gelar kelas terbang WBO pada bulan November 2020 dan melakukan dua kali pertahanan yang sukses sebelum melepaskan gelar tersebut pada bulan Oktober lalu.

Petinju berusia 24 tahun bergaya kidal dari Sagamihara, Jepang ini mencetak debutnya dalam divisi bantam junior dalam laga terbarunya, saat ia mengalahkan mantan pemegang gelar juara divisi terbang mini dan penantang teratas divisi bantamsaat ini, Francisco 'Chihuas' Rodriguez, pada tanggal 1 November di Saitama, Jepang.

Moloney dari Australia (25-2, 16KO; 1NC) mendapatkan peningkatan dari rencana yang ditargetkan sebelumnya. Mantan pemegang gelar WBA ini sedang dalam pembicaraan dengan Pedro Guevara dari Meksiko untuk perebutan gelar WBC.Meskipun kedua belah pihak telah terjebak selama berminggu-minggu dalam pola bertahan sambil menunggu instruksi lebih lanjut. Moloney dengan sabar menunggu proses tersebut dengan keyakinan akan adanya pertarungan besar di depan mata, karena ia berada satu peringkat di bawah Nakatani dalam peringkat kelas bantam junior WBO.



Moloney memenangkan gelar sementara kelas bantam junior WBA pada November 2019 dan menerima peningkatan peringkat ke kelas bantam WBA 'Reguler' pada tahun 2020 sebelum pandemi. Ia gagal mempertahankan gelarnya dengan sukses, karena masa kejayaannya berakhir dengan kekalahan dua belas ronde.

Moloney memenangkan gelar sementara kelas bantam junior WBA pada November 2019 dan menerima peningkatan ke gelar WBA 'Reguler' pada tahun 2020 sebelum pandemi. Ia gagal mempertahankan gelarnya dengan baik, saat kekuasaannya berakhir dengan kekalahan dua belas ronde dari Franco dalam debutnya di AS pada Juni 2020 di Las Vegas, yang menandai pertarungan pertama dari trilogi aneh mereka.

Moloney diyakini telah merebut kembali gelarnya melalui penyelesaian setelah dua ronde dalam laga ulang mereka di bulan November 2020, Namun laga tersebut dinyatakan No-Contest saat mata kanan Franco yang membengkak parah dianggap sebagai akibat dari benturan kepala yang tidak disengaja, bukan karena sebuah pukulan.

Laga trilogi mereka pada bulan Agustus 2021 ini berakhir dengan kemenangan mutlak bagi Franco. Ketiga laga tersebut berlangsung di AS, dengan Moloney kembali ke tanah kelahirannya untuk meraih kemenangan mutlak sepuluh ronde atas Froilan Saludar pada bulan Desember 2021 di Sydney. Pencapaian ini menjadi awal dari empat kemenangan beruntun bagi atlet berusia 32 tahun asal Kingscliff, Australia ini, termasuk sebuah kemenangan angka mutlak atas Norbelto Jimenez pada tanggal 16 Oktober lalu di Melbourne. Kesempatan meraih gelar bagi Andrew datang saat saudara kembarnya, Jason, siap untuk menantang gelar juara dunia kelas bantam WBO yang masih lowong.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1855 seconds (0.1#10.140)