12 Pertarungan Tinju Kelas Berat Mengerikan, Nomor 1 Duel dengan Mata Sebelah

Sabtu, 25 Februari 2023 - 21:12 WIB
loading...
A A A
6. Larry Holmes SD15 Ken Norton - 9 Juni 1978
Holmes vs Norton adalah kisah dari beberapa pertarungan yang digabungkan menjadi satu dengan sisi lain dari politik tinju, saat Ken Norton dihadiahi sabuk WBC setelah sang juara baru, Leon Spinks, mengabaikan keputusan organisasi tersebut untuk menghadapi Norton atau berisiko kehilangan sabuknya.

Spinks malah melakukan pertandingan ulang dengan Muhammad Ali, sementara Norton diperintahkan untuk menghadapi pemenang dari pertarungan yang disebut "eliminator" antara Larry Holmes dan Earnie Shavers. Intinya adalah seorang juara yang belum pernah memenangkan pertarungan kejuaraan mempertahankan gelarnya melawan penantang yang sah dan hasilnya adalah perang 15 ronde yang tak terlupakan.

Holmes melancarkan jab dan serangan cepat untuk meraih keunggulan selama beberapa ronde pertama sebelum Norton bangkit, dan mengejutkan lawannya pada ronde keenam dan ketujuh dengan pukulan keras. Baru pada ronde-ronde akhir, Holmes kembali menyarangkan jab-nya dan pada saat itu hanya sedikit sekali serangan yang masuk, namun ia berhasil merebut ronde ke-13 dengan serangkaian pukulan kanan.

Norton bangkit pada ronde berikutnya dan panggung pun disiapkan untuk sebuah penyelesaian yang tak terlupakan. Perpaduan antara kelelahan dan determinasi membuat Holmes dan Norton terus menyerang satu sama lain pada ronde ke-15, sebuah bait selama tiga menit yang menempatkan The Ring di urutan ketujuh dalam daftar "12 Ronde Paling Seru dalam Sejarah Tinju."

5. Joe Jeannette RTD49 Sam McVea - 17 April 1909
"Orang tua yang malang," kata McVea saat mengunjungi makam Napoleon Bonaparte. "Dia terlalu sering bertarung."

Dengan tinju yang menarik perhatian keluarga-keluarga terkaya dan terpandang di Paris, olahraga ini menjadi sangat populer di awal abad ke-20. Dan superstar non-Prancis pertama adalah Sam McVea, yang memiliki tinggi badan di bawah enam kaki dan berat lebih dari 99,7 kg.

McVea telah mengalahkan Jeannette yang berbakat pada bulan Februari 1909, namun ada spekulasi bahwa hasil pertandingan telah diatur. Peraturan yang longgar di kancah Prancis membuatnya masuk akal dan keduanya sepakat untuk bertemu lagi. Apa yang terjadi dua bulan kemudian hampir seperti mitos.

Sejumlah sumber kemudian mengklaim bahwa pertandingan tersebut mencakup 38 knockdown meskipun hal ini tidak pernah diverifikasi secara meyakinkan. Sementara laporan langsung tidak menyebutkan bahwa McVea terjatuh, Jeannette memang berkali-kali dipukul ke samping dan tetap bertahan dalam pertarungan karena oksigen yang diberikan oleh sudutnya dalam balon-balon di sela-sela ronde.

Pertarungan ini digambarkan oleh beberapa orang sebagai ilmiah dan kurang ganas, namun pada akhirnya para corner lawan tenggelam dalam warna merah tua. Setelah 48 ronde penuh, sudut McVea melemparkan spons saat mata pejuang mereka tertutup dan tidak ada lagi yang tersisa untuk diberikan.

4. George Foreman KO5 Ron Lyle - 24 Januari 1976
"Hal yang menarik dari Lyle adalah ia sama sekali tidak takut dan menantang saya di tengah ring," kata Foreman dalam sebuah wawancara dengan RingTV pada tahun 2014. "Tidak ada seorang pun, selain Sonny Liston dalam sparring, yang berdiri dan meninju saya dengan sukses."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2444 seconds (0.1#10.140)