12 Pertarungan Tinju Kelas Berat Mengerikan, Nomor 1 Duel dengan Mata Sebelah

Sabtu, 25 Februari 2023 - 21:12 WIB
loading...
A A A
Tujuh kali atlet Argentina ini terjatuh, namun menjelang akhir ronde, sebuah pukulan kanan mendorong Dempsey melewati tali ring dan hampir mengenai kepalanya di luar ring. Para awak media yang berada di sisi ring membantu Dempsey untuk kembali memanjat tali ring dan melanjutkan serangannya.

Saat ronde kedua dimulai, Dempsey mendaratkan serangkaian pukulan yang membuat Firpo terkulai ke atas kanvas. Tak ingin mengulangi kesalahan yang sama, Dempsey kembali menyerang Firpo saat ia bangkit dan mendaratkan kombinasi yang diakhiri dengan sebuah pukulan kiri dan kanan ke arah rahangnya yang membuat lawannya itu tak sadarkan diri.

1. Muhammad Ali RTD14 Joe Frazier - 1 Oktober 1975
Tidak hanya "Thrilla in Manila" yang terpilih sebagai "Pertarungan Tahun Ini" oleh The Ring pada tahun 1975, namun dalam 40 tahun sejak pertarungan epik ini telah menjadi contoh terbaik dari segala sesuatu yang salah dan benar dalam tinju. Aksi tersebut sangat luar biasa, namun hanya karena kedua pria tersebut telah mengalami penurunan kondisi setelah menjalani pertandingan divisi kelas berat yang luar biasa berat, dan itu termasuk pertandingan ulang yang tidak terduga di antara mereka.

Frazier tidak dapat banyak bergerak untuk menghindari kombinasi Ali, dan Ali bertarung lebih banyak diam dibandingkan dengan pertemuan pertama mereka yang hebat, meskipun karakter pertarungan berkembang dengan cara yang sama. Ali sangat proaktif dan mengambil keuntungan dari awal Frazier yang lambat, mencetak poin dengan kombinasi saat berada di posisi terdepan.

Namun sang juara tidak dapat mengimbangi kecepatan lawannya yang sudah berusia lanjut, dan teknik body work Frazier dua kali lipat lebih hebat ketika ditambah dengan cuaca yang sangat panas. Ali terlihat sudah tamat, namun kemudian Frazier, yang tetaplah manusia, memukul dirinya sendiri. Ketika ronde mencapai dua digit, Ali mengambil alih kendali dan mata Frazier membengkak dengan anehnya, namun Joe tidak mau berhenti. Begitu kuatnya tekad Frazier sehingga Ali sempat berpikir untuk berhenti meskipun ia telah mendaratkan pukulan kanannya berkali-kali.

Setelah ronde ke-14 saling jual beli pukulan, pelatih Frazier, Eddie Futch, memutuskan untuk menyelamatkan petinjunya. Belakangan diketahui bahwa Frazier bertarung dalam keadaan buta di salah satu matanya selama beberapa ronde. Ali terkenal kemudian berkata, "Rasanya seperti kematian. Hal yang paling dekat dengan kematian yang saya tahu." Apa cara yang lebih baik untuk mengukuhkan kehebatan selain dengan melawan satu sama lain?
(aww)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1422 seconds (0.1#10.140)