Badou Jack Robohkan Ilunga Makabu, Cetak Sejarah Juara 3 Divisi

Senin, 27 Februari 2023 - 05:28 WIB
loading...
Badou Jack Robohkan Ilunga Makabu, Cetak Sejarah Juara 3 Divisi
Badou Jack Robohkan Ilunga Makabu, Cetak Sejarah Juara 3 Divisi/Boxing Scene
A A A
Badou Jack merobohkan Ilunga Makabu dua kali sebelum mencetak sejarah meraih juara dunia tinju 3 divisi di Diriyah, Arab Saudi. Pukulan keras yang presisi sangat membantu Badou Jack untuk menjadi pemegang gelar tiga divisi setelah ia menghentikan perlawanan Ilunga 'Junior' Makabu pada ronde ke-12.

Ilunga Makabu terjatuh pada ronde keempat dan kesebelas, sebelum sebuah serangan terakhir dari Badou Jack memaksa wasit Mark Lyson untuk menghentikan laga pada detik ke-54 ronde kedua belas. Jack mengakhiri tiga tahun kekuasaan gelar juara dunia kelas jelajah WBC dari Makabu dengan kemenangan dalam tayangan tambahan ESPN+ Pay-Per-View pada Senin (27/2/2023) dari Diriyah Arena di Diriyah, Arab Saudi.



Jack menjadi petinju Muslim pertama yang memenangkan gelar utama di Arab Saudi dengan penampilan luar biasa setelah sebelumnya memenangkan gelar kelas menengah super WBC dan kelas berat ringan WBA di Amerika Serikat. Aksi berlangsung lambat pada tiga menit pertama namun meningkat dengan cepat pada ronde kedua.

Jack - atlet Olimpiade 2008 asal Swedia yang pindah ke Las Vegas dan kini tinggal di Dubai - meraih kesuksesan dengan jab dan hook kirinya ke arah tubuh. Makabu sudah berada di posisi yang kurang menguntungkan dan kesulitan untuk masuk ke dalam. Jack mampu menemukan jarak yang diinginkannya dengan menggunakan gerakan lateral yang halus untuk mencegah Makabu menjejakkan kakinya.

Makabu menemukan kesuksesan yang lebih besar untuk menutup jarak pada ronde ketiga. Pemegang gelar dari Afrika Selatan asal Kinshasa, Republik Demokratik Kongo ini mendaratkan beberapa pukulan kiri ke arah tubuh lawannya, sebelum kembali dengan sebuah hook kanan ke arah atas. Jack menerima serangan itu dengan baik, namun serangannya terhambat karena ia dipaksa untuk bermain bertahan hampir sepanjang ronde.

Jack menambah keunggulannya dengan sebuah knockdown yang cukup besar pada ronde ini. Sebagian besar ronde keempat berlangsung seimbang sebelum Jack menjatuhkan sang juara bertahan ke atas kanvas. Sebuah pukulan kanan menjatuhkan Makabu, walau sisa kejatuhannya nampak dibantu oleh kaki yang tersangkut saat ia berguling di atas punggungnya. Keputusan resmi dari juri untuk mencetak knockdown itu diterima tanpa protes, walau Makabu mampu mengalahkan hitungan wasit dan nampak sangat tenang saat laga berlanjut.

Momentum tetap berpihak pada sang penantang, saat kemampuan footwork dan kemampuan Jack yang superior mengendalikan aksi dan ritme pada ronde kelima dan keenam. Makabu kembali ke posisi awal, tak dapat menghindari jab Jack.

Jack mendapatkan dukungan dari pelatih kepala dan mantan penantang gelar, Johnathon Banks, untuk tetap bertahan dalam tinju dan tidak terjebak dalam sebuah pertarungan keras yang akan menguntungkan Makabu. Jack pun dapat menikmati kue dan memakannya. Sebuah pukulan straight kanan dari penantang berusia 39 tahun ini sempat membuat Makabu tak berkutik pada paruh akhir ronde ketujuh. Jack dengan percaya diri bertinju pada menit terakhir ronde tersebut.

Sebuah penampilan berbeda ditampilkan oleh Jack, yang menghabiskan paruh pertama ronde pertama dengan gaya kidal. Ia beralih ke gaya ortodoks saat Makabu menyarangkan sebuah hook kanan, dan merespons dengan dua pukulan straight kanannya pada menit terakhir. Jack juga menyambungkan sebuah pukulan overhand kanan, yang diikuti dengan hook kiri dan uppercut kanan, sementara Makabu tak dapat membalas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4592 seconds (0.1#10.140)