10 Istilah Tinju yang Jarang Diketahui, Nomor 3 Jurus Andalan Muhammad Ali

Rabu, 01 Maret 2023 - 15:44 WIB
loading...
10 Istilah Tinju yang Jarang Diketahui, Nomor 3 Jurus Andalan Muhammad Ali
10 Istilah Tinju yang Jarang Diketahui, Nomor 3 Jurus Andalan Muhammad Ali. FOTO: SINDONEWS
A A A
JAKARTA - Tinju merupakan olahraga yang banyak digemari banyak orang. Namun, tak semua penggemar tinju menguasai istilah-istilah dalam olahraga tersebut.

Tinju sendiri adalah olahraga yang berisikan dua orang petarung dalam satu ring. Selain itu, kedua petarung harus saling memukul untuk mendapatkan poin agar juri bisa menentukan pemenangnya.



Setiap olahraga tentunya memiliki istilah-istilah tersendiri dan banyak penggemarnya tak mengetahuinya. Hal tersebut sama dengan penggemar tinju yang masih banyak belum mengetahui istilah-istilah dalam olahraga tersebut.

Berikut 10 istilah dalam olahraga tinju:

10. Hook


Hook merupakan pukulan setengah memutar yang digunakan oleh seorang petinju untuk memberikan pukulan ke arah wajah atau kepala lawannya. Pukulan ini dilakukan dengan kondisi siku terlipat dan tangan mengepal dengan menghadap ke arah bawah.

Para petinju biasanya melakukan hook dengan gerakan tubuh dan pinggul umumnya di putaran searah jarum jam. Pukulan ini pun disebut sebagai salah satu yang paling efektif untuk membuat lawan tak berdaya.

9. Uppercut


Uppercut merupakan bentuk pukulan yang bergerak di bagian bawah untuk menyerang bagian wajah lawan. Biasanya petinju melakukan teknik uppercut akan mengambil ancang-ancang dengan menekuk lutut dan mengarahkan pukulan dari bawah menuju areka sekitar dagu lawannya.

Tujuan menggunakan pukulan uppercut adalah sedikit mengangkat tubuh lawannya ketika mengenai bagian bawah wajah. Hal tersebut membuat lawannya kehilangan keseimbangan dan terjatuh.

8. Knockout (KO)


Knockout atau KO terjadi saat seorang petinju terjatuh, ketika menerima pukulan dari lawannya. Wasit pun akan menghitung sampai 10 detik untuk memastikan petinju yang terjatuh bisa melanjutkan pertarungan atau tidak.

Sementara petinju yang terjatuh hingga keluar ring, maka wasit akan menghitung sampai 20. Namun jika petinju yang sudah terjatuh tak bisa melanjutkan pertarungan, maka lawannya dinyatakan menang KO.

7. Technical Knockout (TKO)


Berbeda dengan KO, TKO terjadi tidak berdasarkan petinju yang jatuh bisa bangki lagi sebelum hitungan kesepuluh. Namun TKO sendiri adalah keputusan wasit dalam menentukan pemenang dalam pertandingan tinju.

Artinya, TKO terjadi karena wasit memperhatikan keselamatan seorang petinju sehingga pertarungan tak bisa dilanjutkan. Wasit biasanya akan memberikan tanda atau sinyal keputusan TKO dengan menyilangkan tangannya.

Biasanya, wasit memutuskan pertandingan tak bisa dilanjutkan karena salah satu petinju mengalami cedera atau pendarahan akibat terkena pukulan lawan. Kemudian dokter menyatakan pertandingan tak bisa berlanjut usai melakukan pemeriksaan, tetapi keputusan akhir tetap berada di tangan wasit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)