Wing Chun, Seni Bela Diri China yang Dikuasai Bruce Lee

Kamis, 02 Maret 2023 - 12:10 WIB
loading...
Wing Chun, Seni Bela Diri China yang Dikuasai Bruce Lee
Begitu banyak seni bela diri yang tercipta di dunia ini. Diantaranya adalah Wing Chun seni bela diri dari China yang konon dikuasai Bruce Lee. Foto: VK
A A A
JAKARTA - Begitu banyak seni bela diri yang tercipta di dunia ini. Diantaranya adalah Wing Chun yang konon dikuasai Bruce Lee .



Seni bela diri adalah teknik yang diciptakan sebagai cara untuk mempertahankan atau membela diri. Menurut kategorinya terbagi dua, yaitu tangan kosong dan memakai senjata.

Ketahanan dan kekuatan fisik lebih diutamakan dalam seni bela diri. Ini telah lama ada dan berkembang dari masa ke masa.

Bila melihat wilayahnya, seni bela diri identik dengan Jepang dan China. Dan, salah satu seni bela diri yang akan dibahas adalah Wing Chun.

Wing Chun diambil dari bahasa Mandarin yang secara harfiah berarti "nyanyian musim semi" atau "musim semi abadi".

Bisa juga dieja sebagai Ving Tsun atau Wing Tsun yang merupakan seni bela diri Tionghoa. Biasanya digunakan untuk untuk pertarungan jarak dekat.

Untuk tekniknya, Wing Chun mengkombinasikan serangan tangan kosong dan gulat. Artinya, membutuhkan kekuatan dan kemampuan fisik.

Dalam sejarahnya Wing Chun merupakan seni bela diri atau jurus yang diwariskan turun temurun dari guru ke murid. Tidak ada catatan resmi mengenai siapa penciptanya.

Tapi, menurut versi Ip Man (Ip Kai Man), Wing Chun diciptakan biksuni wanita Ng Mui pada masa pemerintahan Kaisar Yung Cheng I berkuasa (1723-1736) dari Dinasti Qing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2512 seconds (0.1#10.140)