Profil Brandon Scheunemann, Pemain Pengganti Zanadin Fariz di Timnas Indonesia U-20

Sabtu, 04 Maret 2023 - 05:01 WIB
loading...
Profil Brandon Scheunemann, Pemain Pengganti Zanadin Fariz di Timnas Indonesia U-20
Nama Brandon Scheunemann pertama kali muncul dalam daftar pemain Timnas Indonesia U20 asuhan Shin Tae-yong / Foto: Instagram Brandon Scheunemann (@brandon.scheunemann)
A A A
Nama Brandon Scheunemann pertama kali muncul dalam daftar pemain Timnas Indonesia U-20 asuhan Shin Tae-yong. Awalnya, dia tidak masuk dalam daftar 30 nama pemain Skuad Garuda Nusantara di Piala Asia U-20 2023.

Namun nasib mujur masih menyelimutinya. Ya, Brandon Scheunemann akhirnya kembali dipanggil Shin Tae-yong setelah Zanandi Fariz mengalami cedera.

Sekarang Brandon Scheunemann sudah tiba di Uzbekistan dan siap membantu Timnas Indonesia U-20 merebut kemenangan pertamanya di babak penyisihan Grup A Piala Asia U-20 2023. Lantas seperti apa profil pemain berusia 17 tahun tersebut?



Brandon Scheunemann adalah pemain yang mengambil posisi lini pertahanan. Saat ini dia membela PSIS Semarang. Pemain bertinggi 186 cm itu sudah tiga kali bermain untuk PSIS musim ini.

Brandon Scheunemann merupakan putra pelatih Timo Scheunemann, yang merupakan keturunan Indonesia-Jerman. Ayahnya mengelola beberapa klub di Indonesia dari Persema Malang, Persiba Balikpapan hingga Nusantara United FC.

Menariknya, Timo Scheunemann sebelumnya melatih Timnas Putri Indonesia. Sang anak, Brandon, tampak mengikuti jejak ayahnya berkarier di dunia sepak bola. Brandon Scheunemann sempat mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20 jelang Piala Asia U-20 2023.



Debutnya bersama PSIS Semarang pada Liga 2022-2023 di bawah asuhan Muhammad Ridwan. Debut Brandon begitu manis membuat PSIS menang tipis 1-0 atas Arema FC Semarang di Stadion Jatidiri, Sabtu (21 Januari 2023). Brandon adalah anak dari mantan pelatih timnas putri Indonesia Timo Scheunemann kelahiran Jerman. Fisik Brandon dari gen Eropa, dipadukan dengan keluarga yang mencintai olahraga sepak bola dianggap sebagai modal bagus untuk menjadi pemain profesional.

Keluarga Scheunemann sudah lama tinggal di Indonesia sejak 1950-an. Mereka tinggal di Malang, Jawa Timur. Keluarga Scheunemann menjadi viral di tahun 2019. Meski fasih berbahasa Jawa, mereka mungkin berdarah Jerman murni.

Timo Scheunemann dan saudaranya fasih menggunakan bahasa Jawa sebagai alat komunikasi sehari-hari. Bahkan, keluarga Scheunemann menyekolahkan anaknya ke sekolah umum, bukan sekolah internasional, agar terbiasa berbaur dengan masyarakat sekitar.

Biodata Brandon Scheunemann


* Nama: Brandon Scheunemann
* Tempat lahir: Malang, Jawa Timur
* Tanggal lahir: 9 Maret 2005
* Kewarganegaraan: Indonesia
* Posisi: Bek tengah
* Kaki terkuat: Kanan
* Tinggi badan: 186 cm
* Klub: PSIS Semarang

(MG/Tazakka Artesa Hidayat)
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3098 seconds (0.1#10.140)