Piala Dunia U-20 2023 Indonesia Pakai VAR dengan Regulasi Baru

Minggu, 05 Maret 2023 - 22:40 WIB
loading...
Piala Dunia U-20 2023 Indonesia Pakai VAR dengan Regulasi Baru
International Football Association Board (IFAB) bakal menerapkan Video Assistant Referee (VAR) di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia / Foto: FIFA
A A A
LONDON - International Football Association Board (IFAB) bakal menerapkan Video Assistant Referee (VAR) di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. Keputusan itu dibuat dalam Rapat Umum Tahunan (RUPST) ke-137 yang diadakan di London, Sabtu (4/3/2023).

Dalam RUPST, IFAB menyetujui sejumlah perubahan dan klarifikasi terhadap Laws of the Game dan mengonfirmasi keputusan yang diambil pada Rapat Bisnis Tahunan (ABM) baru-baru ini untuk menguji coba penyiaran asisten video keputusan peninjauan wasit (VAR) di stadion dan kepada penonton televisi langsung.

IFAB menyebut keputusan tersebut dilakukan untuk meningkatkan komunikasi kepada penggemar di stadion. Uji coba tersebut sebelumnya sudah diperkenalkan di Piala Dunia Antarklub FIFA 2022 Maroko. Kemudian, penerapannya akan berlangsung dalam 12 bulan, termasuk dilakukan di Piala Dunia U-20 yang dihelat Mei hingga Juni 2023.

Baca Juga: 4 Pemain Asing Bebas, 1 ASEAN di Liga 1 Musim Depan

"Uji coba 12 bulan secara eksklusif terkait keputusan VAR di turnamen FIFA dimulai di FIFA Club World Cup 2022 di Maroko awal tahun ini, dan juga akan diterapkan di FIFA U-20 World Cup di Indonesia pada Mei hingga Juni 2023. Keputusan kemudian akan dibuat apakah uji coba akan dilanjutkan di turnamen FIFA lainnya akhir tahun ini," demikian pernyataan resmi IFAB dikutip dari laman resmi FIFA."

Dalam kesempatan itu, FIFA memberikan pembaruan tentang keberhasilan penerapan teknologi offside semi-otomatis dan integrasi 'cahaya' VAR, dan disepakati untuk meninjau protokol, prosedur, dan kepraktisan VAR dengan pemangku kepentingan utama. Untuk kompetisi yang tidak memiliki sumber daya untuk mengimplementasikan VAR, ada pengesahan uji coba sistem ulasan video tambahan dengan tujuan agar tersedia di seluruh permainan di seluruh dunia.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)