Greysia/Apriyani dan Eko Yuli Rebut NOC Award 2023

Selasa, 07 Maret 2023 - 08:33 WIB
loading...
Greysia/Apriyani dan Eko Yuli Rebut NOC Award 2023
Greysia Polii dan Apriyani Rahayu meraih penghargaan NOC Award 2023/Foto/PBSI
A A A
JAKARTA - Greysia Polii dan Apriyani Rahayu meraih penghargaan NOC Award 2023. Pasangan atlet bulu tangkis peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu terpilih di kategori atlet putri. Sedangkan atlet putra diberikan kepada Rio Waida (selancar) dan bintang angkat besi Eko Yuli.

Penghargaan yang dirintis Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau National Olympics Comittee (NOC) Indonesia itu terbagi dalam 11 kategori. Penghargaan ini pertama kali dihelat dalam sejarah olahraga Tanah Air. Acara tersebut berlangsung di akhir Rapat Anggota (RA) tahunan KOI di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (6/3/2023).



Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari menyatakan NOC Award diberikan bukan kepada mereka yang terbaik, melainkan kepada sosok yang memberikan inspirasi untuk memajukan olahraga di Indonesia.

Hasil penilaian juri memilih Greysia Polii dan Apriyani Rahayu, yang memenangkan kategori atlet putri. Sedangkan kategori atlet putra diberikan kepada atlet selancar Rio Waida dan bintang angkat besi, Eko Yuli.



Cabang olahraga bulu tangkis juga mendapatkan dua penghargaan lainnya yakni kategori federasi, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), serta kategori ketua umum federasi, yakni Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna.

Pemenang lainnya di kategori federasi adalah Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) serta ketua umumnya, Joko Supriyanto. Presiden Joko Widodo juga mendapatkan penghargaan itu yang dinobatkan sebagai Bapak Olahraga Indonesia.

Kemudian, Menteri BUMN Erick Thohir mendapatkan penghargaan lifetime achievement di NOC 2023. Erick yang juga ketua umum PSSI saat ini mendapatkannya karena kontribusinya di berbagai cabor olahraga di Tanah Air serta merupakan satu-satunya orang Indonesia yang menjadi anggota dari Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Untuk kategori juri dimenangkan oleh Pranata dari cabor loncar indah. Lalu, untuk kategori wasit diraih oleh K.S. Henry Indrayani Oka dari cabor menembak.

Kemudian kategori pelatih diberikan kepada Hendra Basir dari cabor panjat tebing dan Saiful Suran dari cabor jetski. Lalu, Seksi Wartawan Olahraga Indonesia (SIWO) meraih kategori wartawan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3792 seconds (0.1#10.140)