Hasil Piala Asia U-20 2023: Imbangi Tajikistan, Korea Selatan Juara Grup C

Rabu, 08 Maret 2023 - 22:14 WIB
loading...
Hasil Piala Asia U-20 2023: Imbangi Tajikistan, Korea Selatan Juara Grup C
Korea Selatan lolos ke perempat final Piala Asia U-20 2023 dengan status juara Grup C/Foto/AFC
A A A
TASHKENT - Korea Selatan lolos ke perempat final Piala Asia U-20 2023 dengan status juara Grup C usai menahan imbang Tajikistan 0-0 di Bunyodkor Stadium, Tashkent, Uzbekistan, pada Rabu (8/3/2023) malam WIB. Taegeuk Warriors muda mengoleksi tujuh poin dari tiga pertandingan.

Korea Selatan ditemani Yordania ke babak 8 besar. Yordania juga bermain 0-0 melawan Oman pada laga pemungkas di Lokomotiv Stadium, Tashkent. Yordania menuai poin sama dengan Tajikistan, 4 poin, tapi mereka unggul head-to-head. Yordania menang 2-0 atas Tajikistan pada matchday kedua.



Laga Korea Selatan versus Tajikistan berlangsung sengit. Korea sempat tertekan pada awal babak pertama. Tajikistan yang mengincar kemenangan bermain agresif.

Pada menit ke-10', Tajikistan nyaris mencetak gol lewat Sharipov Daler, tetapi sepakannya dari dalam kotak penalti masih menyamping tipis. Delapan menit berselang, gantian Ziyozoda Asadbek mengancam dengan tandukannya yang mengarah tepat ke pelukan Kim Joonhong.



Negeri Gingseng baru bisa keluar dari tekanan pada menit ke-20' dan mendapatkan peluang lewat Sung Jinyoung pada menit ke-24'. Namun, tendangan volinya yang menyambar umpan manis Cho Youngkwang bisa ditepis Safarmad Ghaforov.

Tajikistan kembali memperoleh peluang berbahaya pada menit 37' setelah Daler menerima umpan terobosan dari Akhtamov Khamzadzhon. Namun, dia terlalu lemah mengeksekusi bola sehingga Kim Joonhong mudah menghalau tendangannya. Laga pun berakhir imbang tanpa gol hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Tajikistan mendominasi penguasaan bola. Namun, mereka tetap kesulitan menembus pertahanan Korea Selatan yang solid.

Serangan balik cepat dari Taeguk Warriors muda -julukan Korea Selatan- pun nyaris membuahkan gol pembuka pada menit 58'. Namun tendangan mendatar Kim Heeseung yang mengarah ke pojok kanan bawah gawang masih bisa dijangkau Ghaforov.

Pada menit 78, lini pertahanan Korea Selatan lengah dan nyaris kebobolan. Tapi, Kim Joonhong tampil luar biasa dan mampu menepis sontekan Asadbek yang menyambar umpan tarik Salam Ashurmamadov.

Pada 10 menit akhir babak kedua, tak banyak peluang yang tercipta dari kedua tim dan laga cenderung berjalan alot. Alhasil, skor kacamata pun tak berubah hingga akhir pertandigan.

Susunan pemain

KOREA SELATAN (4-3-3): Kim Joonhong; Choi Ceok Hyun, Bae Seojoon, Cho Youngkwang, Kim Jisoo; Kang Sangyoon, Kim Gyeonghwan, Kim Heeseung; Kim Yonghak, Lee Jungsang, Sung Jinyoung.
Cadangan: Park Changwoo, Hwang Intaek, Park Hyunbin, Lee Seungwon, Lee Youngjun, Bae Junho, Kang Seongjin, Lee Junjae, Park Junyoung, Moon Hyunho, Moon Seungmin, Kim Junghun.
Pelatih: Kim Eun Jung.

TAJIKISTAN (3-5-2): Safarmad Ghaforov; Akhtamov Fakhriddin, Rahmatzoda Rahmatshoh, Karimov Mehrubon; Salam Ashurmamadov, Akhtamov Khamzadzhon, Kamolov Amadoni, Abdullo Saharipov; Ziyozoda Asadbek. Sharipov Daler.
Cadangan: Mehrubon Ghafforzoda, Qurbonov Sodiqjon, Khaitov Azizbek, Khudoidodzoda Abdulfatohi, Azizov Sunatullo, Shakhriyori Inoyatullo, Salmshoev Kabir, Irgashev Salohiddin, Makhmudzoda Shakhobiddin, Daylatov Faridun, Suhrobkhuja Yusupov.
Pelatih: Oleg Kubarev.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4512 seconds (0.1#10.140)