Timnas U-20 Batal TC di Belanda, Shin Tae-yong Alihkan ke Korea Selatan

Kamis, 09 Maret 2023 - 03:05 WIB
loading...
Timnas U-20 Batal TC di Belanda, Shin Tae-yong Alihkan ke Korea Selatan
Timnas Indonesia U-20 akan menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan/Foto/PSSI
A A A
JAKARTA - Timnas Indonesia U-20 dipastikan batal menggelar pemusatan latihan (TC) jangka panjang di Belanda. Pelatih Garuda Nusantara -julukan Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong rencananya akan mengalihkan pelatihan di negara asalnya, Korea Selatan.

Garuda Nusantara butuh pemusatan latihan untuk mematangkan strategi, fisik, dan kekompakan untuk menghadapi Piala Dunia U-20 di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023.



Timnas Indonesia U-20 baru saja tampil di Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Garuda Nusantara tersingkir di fase grup setelah finis ketiga di klasemen Grup A. Indonesia mengemas 4 poin, setelah pada laga terakhir melawan tuan rumah Uzbekistan berakhir 0-0 di Istiqlol Stadium, Selasa (7/3/2023) malam WIB.

Timnas Indonesia U-20 berada di posisi tiga pada papan klasemen dengan koleksi empat poin. Mereka kalah head-to-head dan selisih gol memasukkan dari Irak U-20 yang lolos sebagai runner up kendati memiliki poin yang sama.



Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menjelaskan, lokasi pemusatan latihan (TC) jangka panjang Timnas Indonesia bisa mengalami perubahan. Semula TC jangka panjang usai Piala Asia U-20 direncanakan digelar di Belanda, tapi kemungkinan akan dilaksanakan di Korea Selatan sesuai rekomendasi pelatih Skuad Garuda Nusantara -julukan Timnas Indonesia U-20- Shin Tae-yong.

Terkait rencana ke depan Timnas Indonesia U-20 untuk persiapan menyambut Piala Dunia U-20 2023, Indra Sjafri mengatakan akan berdiskusi lebih lanjut dengan Shin Tae-yong.

"Saya ingin meeting dengan Coach Shin. Merujuk roadmap awal, akan terus ada (TC). Semula TC direncanakan di Belanda, tapi batal dan coach Shin mau ubah ke Korea (Selatan)," kata Indra Sjafri di Jakarta, Rabu (8/3/2023).

Pria yang juga menjabat pelatih Timnas Indonesia U-22 itu mengatakan tidak mengetahui alasan pasti pelatih itu memilih Korea Selatan. Namun, yang pasti Skuad Garuda Nusantara akan mendapat banyak manfaat dari TC itu.

"Secara spesifik saya tidak tahu alasan ke Korea Selatan. Tapi, di sana memang bagus untuk peningkatan kondisi fisik," ungkap Indra Sjafri.

Indra Sjafri mengatakan Korea Selatan bukan tujuan baru untuk Timnas Indonesia U-20. Sebab, Dony Tri Pamungkas dkk pernah TC di Negeri Ginseng itu tahun lalu. "Pernah latihan di sana sebulan. Para pemain sudah terbiasa latihan di sana," pungkasnya.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3250 seconds (0.1#10.140)