Mengapa Wasit Tinju Mengenakan Sarung Tangan dalam Tinju?

Sabtu, 11 Maret 2023 - 06:27 WIB
loading...
Mengapa Wasit Tinju Mengenakan Sarung Tangan dalam Tinju?
Mengapa Wasit Tinju Mengenakan Sarung Tangan dalam Tinju?/The Sun
A A A
Mengapa wasit tinju mengenakan sarung tangan dalam tinju? Wasit tinju sering terlihat mengenakan sarung tangan saat berada di atas ring.

Sarung tangan karet ini berbeda dengan yang dikenakan para pemain, jadi mengapa wasit memakainya? Wasit mengenakan sarung tangan untuk mencegah penularan penyakit menular. Peraturan ini diberlakukan pada tahun 1987, delapan tahun setelah ditemukannya penyakit AIDS.

Penyakit ini dapat ditularkan melalui darah dan cairan tubuh lainnya, yang dapat ditularkan kepada wasit setelah pertarungan brutal. Namun wajah para wasit sering kali terlihat berlumuran darah, sehingga sarung tangan tidak cukup melindungi mereka.



Pernahkah seorang wasit terluka di atas ring? Seorang wasit tinju pernah di-KO dengan pukulan di dada oleh seorang petarung. Petinju asal Meksiko, Jesus Granados, terluka setelah petinju Irvin Turrubiartes gagal menghindari lawannya dan mendaratkan sebuah hook kanan ke arah ulu hati sang wasit, Granados awalnya masih bisa berdiri namun harus ditandu keluar setelah para dokter memeriksanya.

Apa risiko seorang wasit tertular penyakit di atas ring? Risiko seorang wasit tertular penyakit dari seorang petarung saat ini hampir tidak mungkin terjadi. Para atlet harus melewati beberapa tes medis untuk dapat bertanding, termasuk tes HIV, Hepatitis A, B dan C dan Jamur. Hal ini membuat sangat sulit bagi seorang wasit atau lawan untuk tertular penyakit dari pertarungan.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4793 seconds (0.1#10.140)