Mandiri ITB Ultra Marathon 2022 Diharapkan Bisa Bentuk Etos Kebersamaan dan Saling Membantu Para Peserta

Sabtu, 11 Maret 2023 - 08:30 WIB
loading...
Mandiri ITB Ultra Marathon 2022 Diharapkan Bisa Bentuk Etos Kebersamaan dan Saling Membantu Para Peserta
Mandiri ITB Ultra Marathon 2022 resmi dimulai pada Jumat (10/3/2023). Sebanyak 3.100 peserta yang berasal dari 170 komunitas memulai perjalanan mereka dari garis start di Menara Mandiri, Senayan, Jakarta, menuju Sabuga, Bandung / Foto: MPI
A A A
JAKARTA - Mandiri ITB Ultra Marathon 2022 resmi dimulai pada Jumat (10/3/2023). Sebanyak 3.100 peserta yang berasal dari 170 komunitas memulai perjalanan mereka dari garis start di Menara Mandiri, Senayan, Jakarta, menuju Sabuga, Bandung, yang menempuh jarak sekira 180 km.

Para peserta yang terdiri dari berbagai usia itu terbagi dalam kategori umum dan juga alumni ITB. Lalu, mereka dibagi lagi dalam nomor 1 Relay (1R/satu orang), 2R, 4R, 8R dan 16R.

Nantinya, para peserta bakal melewati rute Jalan Raya Bogor menuju ke Kota Bogor dan kemudian ke arah Puncak, Kabupaten Bogor. Setelah itu, mereka menapaki jalan ke arah, Cianjur, Padalarang, hingga akhirnya finis di Sabuga. Ketua Yayasan Solidarity Forever (YSF), Susilo Siswoutomo, berharap ajang yang rutin digelar setiap tahunnya sejak 2017 itu mampu membentuk pola pikir para peserta untuk bekerjasama dan saling bantu membantu.

Tujuannya adalah menciptakan etos kerjasama yang baik ketika mereka terjun bekerja kepada masyarakat. "Di lomba ini kan ada nomor relay, pesertanya ada yang tua, ada yang muda, campur semua jadi satu. Mereka kan satu tim bersama-sama, pastinya di situ ada kerjasama, saling membantu, nah inilah yang kita harapkan bisa menjadi pola pikir para peserta," kata Susilo kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, Jumat (10/3/2023).



"Karena kita adakan setiap tahun, peremajaan terus, kalau mereka ikut dari tahun ke tahun, mereka akan terbiasa. Dan akhirnya akan terbawa etos kebersamaan, saling bantu membantu itu mulai dari sekarang sampai bekerja di masyarakat. Kalau jadi seorang pejabat, wah udah ikut Ultra Marathon, kemudian mereka bisa berpikir seperti itu," tambahnya.

"Intinya, harapan dari kami para peserta dari alumni ITB ini bisa saling guyub satu sama lain. Mereka semakin kompak dan membentuk ikatan yang kuat," tuturnya.

Sebagai informasi, Mandiri Ultra Marathon 2023 ini bakal memberikan hadiah uang tunai kepada juara dari kategori umum sebesar Rp12 juta, untuk runner up Rp10 juta dan Rp8 juta untuk peraih podium ketiga. Sedangkan juara kategori alumni ITB, bakal diganjar hadiah sebesar Rp5 juta dan masing-masing Rp4 juta dan Rp3 juta untuk runner up dan penyabet podium ketiga.



Selain acara puncak, berbagai kegiatan juga meramaikan rangkaian Mandiri ITB Ultra Marathon 2022, seperti latihan bersama "road to Mandiri ITB Ultra Marathon 2022" yang sukses diikuti ratusan peserta di dua kota utama, yakni Jakarta dan Bandung. Diselenggarakan pula event Mandiri ITB Ultra Fun run.

Ajang tersebut menjadi pilihan bagi para pelari berlari sambil menikmati kota Bandung secara non-kompetisi. Di saat yang bersamaan, sebuah tradisi menarik bagi para pelari Ultra Marathon dan suporter yang berhasil menyelesaikan misi lari jarak jauh Jakarta-Bandung akan melakukan victory run dari halaman rektorat ITB, jalan Tamansari no. 64 ke area finish, di Sabuga.

Hal itu sebagai perwujudan rasa syukur dan kebahagiaan atas prestasi para pelari menyelesaikan setiap etape yang harus dilalui. Acara puncak pada perhelatan race akbar ialah Bazaar UMKM dan berbagai hiburan menarik yang dilaksanakan di Sasana Budaya Ganesha pada 12 Maret 2023.

"Nah, yang spesial dari edisi tahun ini, kita adakan Bazaar UMKM. Hal itu dilakukan sebagai usaha kita membantu membangkitkan UMKM pasca pandemi Covid-19," jelas Ketua Panitia Mandiri Ultra Marathon 2022, Suhatno.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)