Artur Beterbiev Pertahankan Sabuk Juara WBC Lawan Callum Smith

Kamis, 16 Maret 2023 - 11:12 WIB
loading...
Artur Beterbiev Pertahankan Sabuk Juara WBC Lawan Callum Smith
Artur Beterbiev Pertahankan Sabuk Juara WBC Lawan Callum Smith/Boxing Scene
A A A
Artur Beterbiev duel pertahankan sabuk juara WBC kelas berat ringan melawan Callum Smith seperti yang diinstruksikan WBC. BoxingScene.com mengkonfirmasi bahwa WBC secara resmi memerintahkan Artur Beterbiev untuk menghadapi petinju Inggris, Callum Smith.

Kedua belah pihak memiliki waktu hingga 11 April untuk mencapai kesepakatan dan menghindari sidang penawaran harga untuk pertarungan yang telah menarik perhatian besar di antara promotor masing-masing. Artur Beterbiev yang memiliki rekor (19-0, 19KO) dipromotori oleh Top Rank, sementara Callum Smith (29-1, 21KO) bertarung di bawah bendera Matchroom Boxing.



Kedua petinju ini melakukan bisnis bersama, namun mereka tampaknya saling menikmati satu sama lain, terutama dalam pertarungan yang memiliki arti penting seperti perebutan gelar juara kelas berat ringan. Chris McKenna dari Daily Star yang berbasis di Inggris adalah orang pertama yang melaporkan perkembangan ini.

Panggilan untuk memesan duel ini datang kurang dari dua bulan setelah pertahanan gelar terakhir Beterbiev. Juara bertahan kelas berat ringan versi WBA, WBC, IBF dan WBO ini menepis tantangan keras dari Anthony Yarde asal Inggris dengan kemenangan KO pada ronde kedelapan pada tanggal 21 Januari lalu di OVO Arena Wembley.

Kemenangan ini memuaskan sebuah laga wajib WBO yang sebelumnya tertunda karena cedera yang dialami Beterbiev sehingga menunda rencana awal pertarungan pada 29 Oktober lalu di London. Permintaan telah meningkat untuk pertarungan tak terbantahkan antara Beterbiev dan pemegang gelar kelas berat ringan WBA, Dmitry Bivol (21-0, 11KO), yang dipromotori oleh Matchroom dan World of Boxing.

Namun, WBC telah memiliki catatan, bersikeras bahwa wajibnya akan berada di barisan berikutnya berdasarkan keputusan dari konvensi tahunannya November lalu di Acapulco, Meksiko. Smith meraih peringkat pertama setelah menang KO pada ronde keempat atas Mathieu Bauderlique dalam perebutan gelar WBC pada 20 Agustus lalu di Jeddah, Arab Saudi.



Kemenangan ini merupakan yang kedua kalinya dalam pertarungan kelas berat ringan bagi Smith sejak masa kejayaannya di kelas menengah super WBA berakhir dengan kekalahan dari Saul Canelo Alvarez pada bulan Desember 2020. Rencananya, Smith akan menjalani pertarungan yang tidak terlalu sibuk pada acara DAZN tanggal 11 Maret di kota kelahirannya, Liverpool.

Petinju berusia 32 tahun ini terpaksa mundur setelah mengalami cedera punggung yang membuatnya harus menepi selama 6-8 minggu sesuai dengan perintah medis. Jangka waktu tersebut tidak akan menghalangi tenggat waktu yang ditetapkan WBC untuk memenuhi kewajibannya.

Beterbiev pertama kali memenangkan gelar kelas berat ringan IBF dengan kemenangan KO pada ronde ke-12 bulan November 2017 atas Enrico Koelling. Petinju berusia 38 tahun yang berasal dari Rusia ini telah tujuh kali mempertahankan gelarnya, termasuk kemenangan KO unifikasi atas juara dunia WBA/WBC, Oleksandr Gvozdyk, pada bulan Oktober 2019, dan juara dunia WBO, Joe Smith Jr, pada tanggal 18 Juni 2019 di New York City.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)