Penyerang Jepang Naoki Kumata Top Skor, Abbosbek Fayzullaev Terbaik di Piala Asia U-20 2023

Sabtu, 18 Maret 2023 - 23:55 WIB
loading...
Penyerang Jepang Naoki Kumata Top Skor, Abbosbek Fayzullaev Terbaik di Piala Asia U-20 2023
Naoki Kumata (kanan) top skor, Abbosbek Fayzullaev (kiri) pemain terbaik di Piala Asia U-20 2023/Foto/AFC
A A A
TASHKENT - Penyerang Timnas Jepang U-20 Naoki Kumata menjadi pencetak gol terbanyak atau top skor Piala Asia U-20 2023. Sedangkan pemain Uzbekistan Abbosbek Fayzullaev terpilih sebagai pemain terbaik turnamen.

Final Piala Asia U-20 2023 usai digelar, Sabtu (18/3/2023) malam WIB. Timnas Uzbekistan U-20 menjadi juara setelah mengalahkan Irak 1-0 di Stadion Milliy, Tashkent, Uzbekistan. Tuan rumah menang tipis 1-0 berkat gol penalti Umarali Rahmonalievmenit ke-72.



Selain trofi juara, gelar tuan rumah Uzbekistan dilengkapi dengan terpilihnya Abbosbek Fayzullaev sebagai pemain terbaik turnamen.

Fayzullaev menampilkan performa gemilang sepanjang turnamen dan memainkan peran kunci dalam Uzbekistan memenangkan gelar untuk pertama kalinya.



Penjaga gawang Uzbekistan Otabek Boymurodov mendapatkan penghargaan Kiper Terbaik. Boymurodov tidak hanya melakukan semua penyelamatan untuk menggagalkan upaya Irak, tetapi penampilannya secara keseluruhan sepanjang turnamen memainkan peran utama dalam Uzbekistan memenangkan gelar.

Sementara penyerang muda Jepang Naoki Kumatameraih Sepatu Emas atau top skor turnamen dengan 5 gol. Pemain FC Tokyo itu berperan penting dalam membawa Jepang melaju ke babak semifinal dan memesan tempat di Piala dunia U-20 2023 di Indonesia.

Pemain berusia 18 tahun itu mencetak dua gol saat Jepang bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan China 2-1 dalam pertandingan pembuka Grup D.

Kumata mencetak gol Jepang dalam kemenangan 3-0 melawan Republik Kyrgyzstan dan bangkit dari bangku cadangan untuk mencetak gol kedua tim Asia Timur itu dalam kemenangan 2-0 pada perempat final melawan Yordania.

Kumata kembali dimasukkan di babak kedua di semifinal melawan Irak, dengan golnya di menit ke-118 memaksa pertandingan ke adu penalti. Meski Irak akhirnya menang adu penalti, Kumata jelas merupakan pemain yang ditakdirkan untuk mengubah hal-hal yang lebih besar.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)