Semifinal Piala FA, Duo London Bukan Unggulan

Sabtu, 18 Juli 2020 - 11:35 WIB
loading...
Semifinal Piala FA, Duo London Bukan Unggulan
Foto/dok
A A A
LONDON - Adu gengsi dua klub London versus dua Manchester tersaji di babak semifinal Piala FA . Persaingan semakin sulit ditebak lantaran keempat tim tersebut menunjukkan penampilan bagus pada pertandingan terakhir.

Sebagai juara bertahan, Manchester City (Man City) jelas difavoritkan saat menghadapi Arsenal di Wembley Stadium, dini hari nanti. Sepak terjang Man City terbilang sangat konsisten. Dalam enam pertandingan terakhir di semua kompetisi, David Silva dkk mampu mengemas lima kemenangan dan hanya mengalami satu kekalahan.

Kemenangan 2-1 atas AFC Bournemouth, Kamis (16/7/2020), mengunci urutan kedua klasemen sementara Liga Primer sekaligus menggaransi The Citizens berpartisipasi di Liga Champions musim depan. Motivasi mempertahankan gelar Piala FA diyakini tetap besar, meski gagal menjuarai Liga Primer.

Terlebih musim ini Man City masih berpeluang meraih tiga gelar. Mereka telah memenangkan Piala Liga dan akan berjuang di leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Selain itu, dari head to head, Man City selalu menang dalam tujuh pertemuan terakhir di semua kompetisi melawan Arsenal. (Baca: Jelang Piala FA, Manchester United Tak Lelah Berburu Kemenangan)

Guna meraih kemenangan dan melaju ke babak final Piala FA, Pelatih Pep Guardiola mengindikasikan melakukan rotasi. “Beberapa pemain yang tampil dan yang diistirahatkan melawan Bournemouth akan bermain di Wembley. Saya telah memberlakukan rotasi sepanjang waktu selama periode ini," kata Guardiola, dilansir mancity.com.

Itu artinya, Guardiola yang telah memenangkan 111 pertandingan di Liga Primer tersebut akan menurunkan kembali Aymeric Laporte dan Kevin de Bruyne yang diistirahatkan pada pertandingan kontra Bournemouth. Di lini depan, Raheem Sterling dan Bernardo Silva akan mendukung Gabriel Jesus sebagai ujung tombak. Khusus Jesus, Guardiola menilai penyerang asal Brasil tersebut memiliki kualitas yang sangat dibutuhkan tim, terlebih sang bomber utama Sergio Aguero sedang menepi karena cedera lutut. Jesus telah mencetak 21 gol dari 48 penampilan di semua kompetisi.

Kendati difavoritkan, Man City tidak bisa memandang sebelah mata Arsenal. Kemenangan 2-1 atas Liverpool, Kamis (16/7/2020), membangkitkan moral The Gunners seusai ditahan 1-1 Leicester City, Rabu (8/7/2020), dan kalah 1-2 dari Tottenham Hotspur, Minggu (12/7/2020). Fakta sebagai pengoleksi trofi terbanyak Piala FA sepanjang sejarah (13 gelar) jelas memantik semangat Pierre-Emerick Aubameyang dkk untuk melibas Man City dan melaju ke final.

Selain itu, keberadaan Pelatih Mikel Arteta juga menjadi keuntungan tersendiri. Seperti diketahui, dia merupakan mantan asisten Guardiola periode 2016—2019. Hal itu jelas membuat Arteta memiliki pengetahuan yang cukup mengenai kelemahan dan kelebihan Man City.

Polesan Arteta diakui bek Cedric Soares telah memberikan dampak besar terhadap tim. Semua orang saling mendukung satu sama lain sehingga perlahan Arsenal mampu bangkit. Soares yakin kemenangan atas Liverpool membuat mereka optimistis bisa menjungkalkan Man City. (Baca juga: Gagal di Liga, Guardiola Bidik Gelar Piala Fa dan Liga Champion)

"Tim memiliki momen dan ketika Anda terus menumbuhkan sesuatu, kemenangan selalu memberi Anda dorongan. Anda harus percaya pada pekerjaan staf pelatih setiap hari dan ketika Anda menang, Anda bisa lebih percaya dan itu membantu tim dalam saat itu. Kami sangat menantikan pertandingan melawan Man City,” tandas Soares.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9218 seconds (0.1#10.140)