Deretan Pemain Bintang Premier League Jebolan Leeds United

Minggu, 19 Juli 2020 - 09:01 WIB
loading...
Deretan Pemain Bintang Premier League Jebolan Leeds United
James Milner yang sukses bersama Liverpool dan Manchester City merupakan pemain jebolan Leeds United. Foto: Express
A A A
YORKSHIRE - Promosi Leeds United dipastikan membawa warna baru bagi Premier League musim depan. Klub tradisional asal Yorkshire tersebut sudah banyak mencetak banyak pemain top.

Setelah 16 tahun terlempar dari Premier League, Leeds berhasil memastikan diri tampil di kasta tertinggi sepak bola Inggris musim depan. Sederet prestasi sudah berhasil mereka torehkan di liga. (Baca Juga: Suporter Leeds Turun ke Jalan Rayakan Promosi )

Sebut saja tiga trofi Liga Inggris, satu Piala FA, satu Piala Liga Inggris, dan dua trofi Community Shield. Tak cuma itu, Leeds juga terkenal melahirkan banyak pemain top. Berikut daftarnya.

1. Alan Smith
Deretan Pemain Bintang Premier League Jebolan Leeds United

Smith memulai kariernya bersama Leeds dan mencetak gol dalam debutnya di tim utama melawan Liverpool pada usia 18 tahun. Dia kemudian menjadi pilihan pertama tim inti, ketika Leeds mencapai semifinal Liga Champions 2000-2001. Pada tahun 2004 ia pindah ke Manchester United dan tampil bersinar bersama Setan Merah.

2. Harry Kewell
Deretan Pemain Bintang Premier League Jebolan Leeds United

Kewell merupakan produk muda Leeds United. Pemain asal Australia itu jua mendapat kesempatan melakoni debut profesionalnya ketika masih di Leeds United. Setelah delapan musim berseragam Leeds, termasuk usai menjuarai Piala FA 1996/1997 dan membawa timnya ke semifinal Liga Champions, Kewell justru pindah ke Liverpool.

Bersama The Reds, Kewell berhasil merasakan manisnya gelar Liga Champions 2005. Pada partai final, Liverpool mengalahkan AC Milan lewat comeback legendaris.

3. Rio Ferdinand
Deretan Pemain Bintang Premier League Jebolan Leeds United

Rio Ferdinand bergabung dengan Leeds United pada November 2000 dengan nilai 18 juta poundsterling, yang pada saat itu memecahkan rekor transfer Inggris sekaligus membuatnya menjadi bek termahal di dunia.

Selama Piala Dunia 2002, desas-desus mulai beredar bahwa Leeds mengalami kesulitan keuangan hingga akhirnya Leeds menerima tawaran 29,1 juta pound dari Manchester United untuk transfer Ferdinand. Leeds menerima tawaran itu karena posisi keuangan mereka yang sedang kacau. Ferdinand pun jadi salah satu pemain terbaik yang mengantar banyak gelar untuk Setan Merah.

4. James Milner
Deretan Pemain Bintang Premier League Jebolan Leeds United

Lahir dan besar di Leeds, debut tim pertama Milner untuk Leeds terjadi pada 10 November 2002, dalam pertandingan melawan West Ham United, ketika ia masuk sebagai pemain pengganti Jason Wilcox.

Pada 26 Desember 2002, ia menjadi pemain termuda (16 tahun dan 356 hari) yang mencetak gol di Liga Premier dalam kemenangan 2-1 melawan Sunderland. Rekornya dipecahkan oleh James Vaughan dari Everton pada tahun 2005.

Milner kemudian bergabung dengan sejumlah tim seperti Newcastle United, Aston Villa, dan Manchester City sebelum akhirnya bergabung dengan Liverpool.
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2544 seconds (0.1#10.140)