Kualifikasi Piala Eropa 2024: Prancis Ngamuk di Babak Pertama, Jebol Belanda 3-0

Sabtu, 25 Maret 2023 - 03:40 WIB
loading...
Kualifikasi Piala Eropa 2024: Prancis Ngamuk di Babak Pertama, Jebol Belanda 3-0
Timnas Prancis mengamuk di babak pertama penyisihan Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2024 melawan Belanda/Foto/Reuters
A A A
PARIS - Timnas Prancis mengamuk di babak pertama penyisihan Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2024 melawan Belanda. Les Bleus unggul sementara 3-0 di Stade de France, Sabtu (25/3/2023) dini hari WIB.

Antoine Griezmann, Dayot Upamecano dan Kylian Mbappe menjadi aktor keunggulan Prancis. Griezmann membuka keran gol menit ketiga memanfaatkan umpan Mbappe.



Setelah itu Upamecano lima menit berselang atau menit kedelapan. Sedangkan Mbappe menntaskan umpan Aurelien Tchouameni pada menit ke-22.

Sejatinya Belanda menguasai bola lebih banyak di laga ini dengan 54%. Sedangkan Prancis 46%. Tapi, Prancis mampu melepaskan tembakan ke gawang 4 kali dengan tiga berbuah gol, sedangkan Belanda hanya dua kali tanpa gol tercipta.



Pada pertandingan ini, Mbappe akan menjalani debutnya sebagai kapten Les Bleus. Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) itu menggantikan peran kapten sebelumnya, Hugo Lloris yang pensiun.

Penunjukkan Mbappe sempat menuai kontroversi, lantaran dirinya belum terhitung senior di Timnas Prancis. Mbappe pun menyampaikan kesan pertama menjadi pemimpin Les Bleus.

Pemain berusia 24 tahun itu mengungkapkan, tugas pertama dan utama adalah menjadi kapten Timnas Prancis.

"Dia (kapten) di atas segalanya adalah orang yang berorientasi pada tim, mampu menjadi pemersatu," kata Mbappe dikutip dari laman resmi Timnas Prancis, Jumat (24/3/2023). "Dia (Deschamps) ingin saya menjadi pemersatu, untuk mencoba mengambil tim ini di belakang saya karena saya memiliki pengalaman di tim Prancis."

"Saya penghubung antara generasi baru dan yang lama, saya tahu keduanya. Dia ingin saya berkontribusi untuk membuat kami menjadi grup yang bersatu dan ini membawa kami ke puncak, yaitu gelar," tandasnya.

"Saya pikir saya akan menjadi kapten yang melihat ke orang lain, yang tidak memiliki banyak pengalaman kapten, tapi saya tahu ada pemain penting dalam tim dan saya tidak ingin memutuskan secara paksa. Saya ingin memberi orang lain kesempatan untuk mengekspresikan diri," sambungnya.

Susunan pemain

Prancis: Maignan, Kounde, Konate, Upamecano, Hernandez, Tchouameni, Rabiot, Griezmann, Coman, Mbappe, Kolo Muani

Belanda: Cillessen, Timber, Geertruida, Van Dijk, Ake, De Roon, Taylor, Wijnaldum, Berghuis, Simons, Depay

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6127 seconds (0.1#10.140)