Absen di MotoGP Argentina 2023, Hukuman Marc Marquez Tetap Berlaku

Rabu, 29 Maret 2023 - 04:00 WIB
loading...
Absen di MotoGP Argentina 2023, Hukuman Marc Marquez Tetap Berlaku
Hukuman Marc Marquez tetap berlaku meski pembalap Repsol Honda itu absen di MotoGP Argentina 2023/Foto/Reuters
A A A
PORTIMAO - Hukuman Marc Marquez tetap berlaku meski pembalap Repsol Honda itu absen di MotoGP Argentina 2023, pada 1-3 April. FIM MOtoGP Stewards menyampaikan keputusan itu Selasa (28/3/2023).

Keputusan itu berlaku hingga Marquez kembali balapan. Seperti diketahui
Rider asal Spanyol itu mengalami cedera usai mengalami kecelakaan di seri pembuka MotoGP Portugal 2023 di Algarve International Circuit, Portimao, Minggu (26/3/2023) malam WIB. Marquez menabrak keras Miguel Oliveira di tikungan 3 pada lap ketiga.



Akibat kelalaiannya, Marquez dijatuhi hukuman lap panjang ganda (double long lap penalty). Hukuman tersebut sejatinya harus diterima Marquez pada seri kedua MotoGP musim ini di Argentina.

Kecelakaan yang dipicu Marquez membuat Marquez dan Oliveira harus mundur dari MotoGP Argentina untuk memulihkan cedera yang dialami. Marquez harus menjalani operasi pada tangan kanannya dan Oliveira mengalami cedera pada kaki kanannya.



"FIM MotoGP Stewards Panel dengan ini menyampaikan keputusan terkait dengan penerapan (hukuman), menyusul keputusan FIM MotoGP Stewards Panel yang diambil pada 26 Maret 2023 pukul 15.13," jelas tulisan dalam rilis resmi di laman MotoGP, Selasa (28/3/2023).

"Mempertimbangkan cedera dan absennya Marc Marquez pada MotoGP Argentina, dan dengan tujuan memenuhi keputusan yang sudah diambil sebelumnya, hukuman lap panjang ganda (double long lap penalty) akan diterima pembalap tersebut pada seri MotoGP berikutnya yang diikutinya," lanjut tulisan tersebut.

Masih belum jelas kapan Marquez akan kembali ke lintasan seusai operasi. Pembalap asal Spanyol itu mendapatkan hukuman itu karena dianggap membahayakan pembalap lain, hingga mengakibatkan kecelakaan. Bahkan, sebelum menabrak Oliveira, Marquez terlebih dahulu menyenggol Jorge Martin hingga membuat kakinya mengalami cedera.

"Pada 26 Maret 2023, pukul 14.06.02, saat MotoGP Portugal di Tikungan 3, pembalap nomor #93 dinilai terlalu agresif dan menyebabkan kecelakaan yang melibatkan pembalap nomor #88," tulis keterangan tersebut.

"Ini bertentangan dengan instruksi khusus yang diberikan kepada para pembalap dan tim MotoGP, mengganggu sesi balapan, dan dinilai tidak bertanggung jawab yang menyebabkan bahaya bagi pembalap lainnya. Oleh karena itu, ini merupakan pelanggaran Pasal 1.21.2 dalam Regulasi FIM Grand Prix World Championships," jelasnya.

MotoGP Argentina 2023 yang akan dilangsungkan awal April dipastikan berkurang empat pembalap. Selain Marquez dan Oliveira, Pol Espargaro dan Enea Bastianini juga diistirahatkan karena cedera.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2110 seconds (0.1#10.140)