Timnas Israel Jadi Bulan-bulanan di Markas Swiss di Stade Geneve

Rabu, 29 Maret 2023 - 13:09 WIB
loading...
Timnas Israel Jadi Bulan-bulanan di Markas Swiss di Stade Geneve
Pemain Timnas Swiss, Renato Steffen, saat menghadapi kiper Israel Omri Glazer di Kualifikasi Euro. Foto: REUTERS/Denis Balibouse
A A A
LANCY - Timnas Israel jadi bulan-bulanan saat kalah 0-3 di markas Timnas Swiss di Stade Geneve, Selasa (28/3/2023). Kedua negara sepat mengalami hubungan buruk terkait pertolongan pengungsi Israel pada masa Perang Dunia II.

Muttig und Frech adalah kalimat pendek terkenal yang dipakai warga Swiss ketika lawatan Timnas Israel. Frasa tersebut artinya berani dan kurang ajar sebagai gambaran kedatangan Israel ke markas mereka.



Pertandingan sendiri dikuasai Timnas Swiss sejak awal. Anak asuh Murat Yakin berhasil mengalahkan Israel berkat gol-gol dari Ruben Vargas, Silvan Widmer, dan Zeki Amdouini.

Meskipun tanpa didukung oleh beberapa pemain andalannya seperti Breel Embolo, Xherdan Shaqiri, dan Haris Serefovic, Timnas Swiss tetap tajam dalam menyerang. Swiss tetap mampu mengunci kemenangan 3-0.

Penyerang tengah Timnas Swiss yang berhasil menyumbangkan satu gol, Silvan Widmer, menyebut timnya bisa membuat Israel lebih menderita dari iti. "Kami sebenarnya bisa menang lebih dari itu. Kami dominan sejak awal," kata Silvan.

Hasil ini membuat Timnas Swiss tetap bertengger di puncak klasemen sementara Grup I Kualifikasi Euro dengan satu kemenangan lagi atas Rumania. Pelatih Swiss, Murat Yakin, tetap mengingatkan agar para pemainnya belajar dari kemenangan atas Timnas Israel.

Sekadar informasi, pada masa lalu hubungan kedua negara sempat kurang harmonis terkait pertolongan pengungsi Israel pada masa Perang Dunia II. Namun, saat ini hubungan keduanya sudah cukup stabil. Timnas Israel dan Swiss sudah beberapa kali bertemu dalam pertandingan persahabatan maupun Piala Eropa dengan hasil yang variatif.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)