Pernyataan Lengkap FIFA Terkait Pembatalan Piala Dunia U-20 Indonesia

Kamis, 30 Maret 2023 - 07:47 WIB
loading...
Pernyataan Lengkap FIFA Terkait Pembatalan Piala Dunia U-20 Indonesia
Pernyataan Lengkap FIFA Terkait Pembatalan Piala Dunia U-20 Indonesia. Foto: Kolase/SINDOnews
A A A
DOHA - Pembatalan Piala Dunia U-20 Indonesia terjadi di tengah penolakan kedatangan Timnas Israel ke tanah air. Namun, apa persisnya alasan FIFA membatalkan turnamen sepak bola remaja terakbar itu?

FIFA mengumumkan pada Rabu (29/3/2023) bahwa Indonesia telah dibatalkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 menyusul "situasi yang sedang terjadi" di Indonesia, sehingga membuat kondisi di Indonesia tidak kondusif untuk menggelar acara tersebut.



Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, menegaskan bahwa dia telah berjuang dengan lobi untuk mempertahankan Indonesia sebagai tuan rumah, namun upayanya tidak berhasil.

"Saya telah berjuang maksimal. Namun, kita harus menerima keputusan FIFA yang membatalkan penyelenggaraan event yang kita sama-sama nantikan itu," ujar Thohir dalam rilis yang diterima MNC Portal Indonesia, Rabu (29/3/2023).

Namun, seperti apa lengkapnya surat pernyataan FIFA terkait pembatalan Piala Dunia U-20 2023. Berikut surat FIFA yang beredar ke publik:

Menyusul pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Umum Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) Erick Thohir pada hari ini, FIFA telah memutuskan untuk membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah FIFA World Cup U-20 akibat situasi yang sedang terjadi.

Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal pertandingan yang sejauh ini masih belum berubah. Sanksi potensial terhadap PSSI juga kemungkinan akan diputuskan setelah ini.

Surat FIFA Terkait Pembatalan Piala Dunia U-20 Indonesia


Menyusul pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Umum Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) Erick Thohir pada hari ini, FIFA telah memutuskan untuk membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah FIFA World Cup U-20 2023 akibat situasi yang sedang terjadi.

Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal pertandingan yang sejauh ini masih belum berubah. Sanksi potensial terhadap PSSI juga kemungkinan akan diputuskan setelah ini.

FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, (kami) tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan (menerima) dukungan Presiden Widodo, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pasca tragedi yang terjadi pada Oktober 2022.

Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan bakal memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Ketua Umum (Erick) Thohir.

Pertemuan lain antara Presiden FIFA dan Ketua Umum PSSI untuk membahas lebih lanjut (masalah ini) akan dijadwalkan dalam waktu dekat.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)