Zainudin Amali Ungkap Penyebab FIFA Coret Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Kamis, 30 Maret 2023 - 15:00 WIB
loading...
Zainudin Amali Ungkap Penyebab FIFA Coret Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023
Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Zainudin Amali menjelaskan alasan FIFA mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Zainudin Amali menjelaskan alasan FIFA mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Itu bukan karena tragedi Kanjuruhan, melainkan masifnya penolakan terhadap Timnas Israel U-20.



FIFA memutuskan membatalkan Indonesia sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20 2023, Rabu (29/3/2023) malam WIB. Itu disampaikan pula disitus resmi.

FIFA menyebut situasi yang ada di Tanah Air tidak memungkinkan untuk menghelat turnamen sepak bola ini. PSSI juga berpotensi menerima sanksi dimana akan diputuskan kemudian.

Awalnya, banyak publik yang berspekulasi FIFA mencabut status tuan rumah Indonesia karena tragedi kanjuruhan. Sebab, mereka juga menyinggungnya dalam laman resmi.

Namun, maksud dari kalimat itu adalah FIFA tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI dalam proses transformasi sepak bola selepas tragedi yang menewaskan ratusan jiwa itu.

Amali juga menegaskan dicabutnya status tuan rumah Indonesia bukan karena alasan tragedi Kanjuruhan. Jika itu alasan, FIFA pasti sudah melakukannya tak lama usai kejadian.

“Kalau itu (gegara kanjuruhan), langsung di banned kita, langsung dicabut tuan rumah. Tidak ada hubungan dengan Kanjuruhan,” ujar Amali kepada awak media di Hotel Sultan, Kamis (30/3/2023).

Mantan Menpora itu mengatakan salah satu alasannya karena banyaknya penolakan terhadap Timnas Israel U-20. Dengan kata lain terkait keamanan tim peserta.

Menurutnya, tidak masuk akal jika alasan FIFA mencabut status tuan rumah Indonesia hanya karena tragedi Kanjuruhan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1454 seconds (0.1#10.140)