Menpora Dito Ariotedjo Ungkap Persiapan Fisik Piala Dunia Basket di Indonesia 97 Persen

Selasa, 11 April 2023 - 03:03 WIB
loading...
Menpora Dito Ariotedjo Ungkap Persiapan Fisik Piala Dunia Basket di Indonesia 97 Persen
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo. Foto: MPI/Andhika Khoirul Huda
A A A
JAKARTA - Piala Dunia Bola Basket (FIBA World Cup 2023) yang akan digelar pada Agustus mendatang di Indonesia, sudah rampung persiapannya. Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora ), Dito Ariotedjo, menjelaskan bahwa Indonesia sudah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk mengadakan acara tersebut dengan lancar.

Dalam rapat koordinasi FIBA World Cup 2023 dengan 23 kementerian dan lembaga terkait yang berlangsung Senin (10/4/2023) di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Dito mengatakan bahwa pembangunan venue Indonesia Arena di Senayan, Jakarta, sudah mencapai 97 persen. Hal itu diungkapkan oleh Dito kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia.

"Sudah dilakukan rapat perdana untuk koordinasi lintas kementerian, terkait persiapan penyelenggaraan FIBA World Cup 2023 yang akan dilaksanakan pada Agustus mendatang. Persiapan fisik sudah mencapai 97 persen, tinggal landscape dan interiornya, dan ada beberapa catatan-catatan yang perlu disiapkan. Oleh karena itu, saya rasa untuk pelaksanaannya sudah berjalan lancar," ujar Dito.



Menurut Dito, kekurangan dari persiapan turnamen basket terbesar di dunia itu hanya kurang sedikit dari segi administrasi saja. Oleh karena itu, dia menilai FIBA World Cup 2023 yang akan berlangsung di Indonesia bakal berjalan aman dan nyaman. Perbasi yang memiliki pengalaman dalam menghelat Piala Asia Bola Basket 2022 juga akan membantu dalam penyelenggaraan acara tersebut.

"Catatan itu seputar visa masuk, Bea Cukai, teknis administrasi, jadi bukan persiapan yang signifikan. Tapi ya penting juga," kata Dito. "Karena tadi saya memberikan arahan, ini event internasional, hal sekecil apa pun menjadi penting jika terlewatkan. Jadi saya ingin memastikan persiapannya detail dan lintas koordinasinya itu harus komunikasi yang lengkap, kita kan kerja bersama dan kolaborasi jadi itu yang harus dipersiapkan."

Dito juga memperlihatkan optimisme bahwa FIBA World Cup 2023 akan berjalan aman dan nyaman, terutama dengan pengalaman Perbasi dalam menghelat Piala Asia tahun lalu. Selain itu, Indonesia tidak akan mengadakan acara tersebut sendiri, tetapi juga akan dihelat di Tokyo, Jepang, dan Manila, Filipina.

Dalam tambahan informasi, Dito juga memperlihatkan bahwa acara tes event dan venue FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena akan diadakan pada Juni mendatang. Acara tersebut akan dikolaborasikan dengan agenda Indonesian Basketball League (IBL).
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)