Ginjiro Shigeoka Pukul Jatuh Cuarto 3 Kali, Rebut Juara Interim IBF

Senin, 17 April 2023 - 07:27 WIB
loading...
Ginjiro Shigeoka Pukul Jatuh Cuarto 3 Kali, Rebut Juara Interim IBF
Ginjiro Shigeoka Pukul Jatuh Cuarto 3 Kali, Rebut Juara Interim IBF/Tapology
A A A
Petinju Ginjiro Shigeoka mengatasi knockdown dengan balik memukul jatuh Rene Mark Cuarto sebanyak tiga kali untuk memenangkan juara interim IBF melalui KO ronde ke-9. Kemenangan itu membuat Ginjiro Shigeoka kembali ke jalur yang tepat untuk menantang gelar kelas terbang mini yang seharusnya ia raih di awal tahun ini.

Petinju kidal yang tak terkalahkan ini memenangkan gelar interim IBF setelah menang KO pada ronde kesembilan atas mantan juara IBF, Rene Mark Cuarto. Shigeoka sempat terjatuh pada ronde pembuka, namun ia bangkit untuk mencetak tiga knockdown dan memaksakan penghentian pada menit 2:55 ronde kesembilan, Minggu, di Yoyogi #2 Gymnasium, Tokyo.

Laga ini disiarkan secara langsung di Abema TV sebagai bagian dari rangkaian 3150Fight dari Kameda Promotions. Ginjiro Shigeoka memperpanjang rekor menang menjadi 9-0 (7KO) adalah penantang wajib bagi pemegang gelar Daniel Valladares.



Cuarto tidak menunjukkan rasa takut untuk bertarung di laga tandang untuk kedua kalinya dalam tiga pertandingan terakhirnya. Petinju berusia 26 tahun asal Ponot, Filipina ini dua kali menjatuhkan Shigeoka ke atas kanvas pada ronde pembuka, walau ia hanya mencetak satu knockdown. Itu terjadi pada akhir ronde, saat sebuah pukulan straight kanan menjatuhkan Shigeoka ke atas kanvas.

Shigeoka mencoba mengejar ketertinggalan pada ronde kedua. Serangannya yang terlalu bersemangat menghasilkan sebuah benturan kepala yang menjatuhkan Cuarto ke atas kanvas. Wasit dengan tepat menghentikan ronde tersebut dan memberi peringatan keras atas pelanggaran yang dilakukan petinju favorit tuan rumah yang tak terkalahkan itu. Aksi pun berlanjut, walau Cuarto terpaksa bertahan dengan luka di bawah mata kirinya. Shigeoka kembali tenang dan mendaratkan pukulan straight kiri ke arah tubuh.

Laga ini secara bertahap beralih ke arah Shigeoka saat ronde-ronde berlanjut. Cuarto berusaha memanfaatkan keunggulan tinggi badan dan jangkauannya melawan lawannya yang berpostur 152 centimeter, namun sering kali dipaksa untuk menggunakan gerakan menyamping untuk menciptakan jarak yang diinginkannya.

Kedua petinju menikmati kesuksesan dengan pukulan straight ke arah atas. Shigeoka mampu bertahan dan melancarkan jab-nya untuk mempersiapkan pukulan straight kiri ke arah tengah. Ia juga memadukan serangan ke arah tubuh, sementara Cuarto mengincar kepala, yang merugikan sudut ringnya yang mendesak untuk mengincar bagian tengah tubuh Shigeoka untuk memperlambat serangannya.

Shigeoka menjatuhkan Cuarto ke atas kanvas pada akhir ronde keenam dan mencetak sebuah knockdown dalam waktu kurang lebih 30 detik. Waktu dihentikan setelah Cuarto menjawab delapan hitungan yang diwajibkan, wasit menerima instruksi dari komisi wasit di sisi ring - setelah tayangan ulang - untuk menyatakan bahwa ia terpeleset. Ini adalah sebuah penyelamat kecil bagi Cuarto, karena Shigeoka dapat saja memenangkan ronde tersebut dengan mudah.

Tak ada yang meragukan keputusan juri pada ronde ketujuh. Shigeoka mendaratkan pukulan straight kiri beruntun ke arah atas sebelum menyambungkan sebuah serangan ke arah tubuh yang memaksa Cuarto berlutut. Cuarto berhasil mengalahkan hitungan, namun tiba-tiba dipaksa untuk mengejar ketertinggalan setelah awal yang brilian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2126 seconds (0.1#10.140)