Timnas Indonesia U-22 Sikat Filipina 3-0, Marselino Ferdinan: Tahun Lalu Kita Menang Lebih Besar

Minggu, 30 April 2023 - 09:31 WIB
loading...
Timnas Indonesia U-22 Sikat Filipina 3-0, Marselino Ferdinan: Tahun Lalu Kita Menang Lebih Besar
Timnas Indonesia U-22 Sikat Filipina 3-0, Marselino Ferdinan: Tahun Lalu Kita Menang Lebih Besar
A A A
PHNOM PENH - Bintang Timnas Indonesia U-22 , Marselino Ferdinan, mengungkapkan kunci kemenangan 3-0 atas Timnas Filipina U-22 dalam laga pembuka Grup A SEA Games 2023 di Kamboja. Menurut Marselino, hasil positif itu didapat karena timnya bisa mengantisipasi permainan bertahan dan serangan balik yang dilakukan oleh lawan.

Pertandingan berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Sabtu (29/4/2023) sore WIB. Tim Merah-Putih kesulitan membongkar pertahanan Filipina yang tampil sangat dalam dan rapat di babak pertama. Gol pembuka baru hadir pada tambahan waktu babak pertama lewat Marselino.



Hal yang sama terjadi di paruh kedua. Tim arahan Indra Sjafri sangat mendominasi, tetapi menemui kebuntuan untuk mencari celah di lini pertahanan The Azkals -julukan Filipina. Namun, akhirnya mereka berhasil mencetak dua gol tambahan di akhir pertandingan masing-masing lewat Irfan Jauhari (89') dan Fajar Fathur Rahman (90+1').

Marselino mengungkapkan bahwa Filipina memiliki komposisi pemain yang berbeda di SEA Games 2023 ini dibandingkan tahun lalu saat tampil di SEA Games 2021 Vietnam dan bermain lebih bertahan dengan mengandalkan serangan balik. Menurutnya, kemenangan ini didapat berkat kemampuan Skuad Garuda Muda mengantisipasi serangan balik lawan dan membongkar rapatnya pertahanan mereka.

"Saya ikut SEA Games dua kali, kita sudah melihat pertandingan Filipina, kita lihat komposisi pemain mereka tahun ini memang jauh berbeda dibanding tahun lalu," kata Marselino dalam konferensi pers pasca laga, Minggu (30/4/2023).

“Filipina memiliki karakter bertahan yang dalam dan mereka melakukan counter, tapi kita bisa mengantisipasinya lewat latihan dengan Coach Indra dan bisa melakukannya dengan baik dan akhirnya kita menang 3-0 setelah tahun lalu menang 4-0,” tambahnya.

Kemenangan atas Filipina membawa Indonesia duduk di posisi kedua dalam klasemen sementara Grup A SEA Games 2023 dengan tiga poin. Mereka hanya kalah selisih gol dari tuan rumah Kamboja yang bercokol di puncak klasemen usai melibas Timor Leste 4-0 di laga pembuka.

Pada laga selanjutnya, Witan Sulaeman dan rekan-rekannya akan berjumpa dengan Timnas Myanmar U-22. Pertandingan itu dijadwalkan kembali berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, pada Kamis (4/5/2023) pukul 16.00 WIB.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)