George Russell Beber Alasan Ribut dengan Max Verstappen di GP Azerbaijan 2023

Senin, 01 Mei 2023 - 07:30 WIB
loading...
George Russell Beber Alasan Ribut dengan Max Verstappen di GP Azerbaijan 2023
George Russell Beber Alasan Ribut dengan Max Verstappen di GP Azerbaijan 2023. Foto: REUTERS/Lisi Niesner
A A A
JAKARTA - Pembalap Mercedes AMG Petronas, George Russell , memberikan pembelaan terkait perseteruannya dengan Max Verstappen dalam sesi balapan Sprint Race F1 GP Azerbaijan 2023. Russell menyatakan bahwa dirinya tidak melakukan kesalahan apa pun, bahkan ia merasa terkejut dengan reaksi Verstappen yang terlalu emosional.

Pada Sabtu (29/4/2023), terjadi perselisihan antara Russell dan Verstappen di sesi balapan Sprint Race di Sirkuit Kota Baku. Mobil keduanya saling bersenggolan pada putaran pertama di tikungan dua. Russell, yang berada di sisi dalam, mencoba mempertahankan jalurnya dan akhirnya menyenggol sisi kiri mobil Verstappen. Akibatnya, mobil Verstappen mengalami kerusakan pada bagian sidepod.



Namun, Verstappen tetap bisa melanjutkan balapan hingga akhirnya meraih posisi tiga, sedangkan Russell finis di posisi empat. Meski begitu, Verstappen -yang dikenal dengan julukan "The Dutch Devil"- tidak terima dengan manuver yang dilakukan Russell dan keduanya terlibat perseteruan setelah balapan berakhir.

Russell memberikan pembelaan terkait insiden tersebut dan menegaskan bahwa ia tidak bersalah dan berada dalam posisi yang benar. Bahkan ia tidak gentar walaupun Verstappen menyandang gelar juara bertahan. "Saya berada di dalam dan saya pikir sebagai pembalap Anda tahu resikonya saat berada di luar. Saya di sini untuk bertarung, dan saya di sini untuk menang. Saya tidak akan menahan diri hanya karena dia memimpin kejuaraan," ujarnya.

Russell menegaskan bahwa insiden tersebut tidak ada unsur kesengajaan. Ia juga merasa heran mengapa Verstappen berusaha mempertahankan posisinya di sisi luar, terutama di sirkuit jalan raya yang memiliki risiko lebih besar. Russell juga mengungkapkan keheranannya terhadap sikap Verstappen yang terlalu emosional meski ia masih berhasil finis di posisi tiga.

"Saya terkejut mengapa dia begitu marah, jujur, dia masih finis balapan di posisi 3. Anda tahu ini situasi yang sulit. Dia memiliki pengalaman yang cukup untuk mengetahui, jika dia berusaha untuk mendahului pembalap lain dari sisi luar, di sana ada resiko di mana pembalap di sisi dalam akan melebar dan mengarah ke anda. Saya tidak berpikir akan ada perbedaan jika posisi kami dibalik," ujarnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)