Mengenal Kun Bokator, Olahraga Tradisional Kamboja yang Sumbang Medali Pertama Indonesia di SEA Games 2023

Kamis, 04 Mei 2023 - 22:01 WIB
loading...
Mengenal Kun Bokator, Olahraga Tradisional Kamboja yang Sumbang Medali Pertama Indonesia di SEA Games 2023
Atlet Kun Bokator putra Indonesia Alfadhila Ramadhan bertanding pada nomor seni SEA Games 2023 di Chrouy Changvar Convention Center, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/5/2023). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.
A A A
PHNOM PENH - Kontingen Indonesia meraih medali perdana di SEA Games 2023 dari cabang olahraga kun bokator lewat aksi Alfadhila Ramadhan. Kun Bokator adalah olahraga bela diri asli Kamboja yang masuk kategori olahraga bela diri.

Tampil di nomor Men’s Spirit Form di Chroy Changvar Convention Center, Phnom Penh, Kamis (4/5/2023) sore, Alfadhila Ramadhan sukses merebut medali perak. Sementara medali emas berhasil didapatkan oleh wakil Kamboja, Pichmorakoth Punleu.



Seperti sudah disinggung, ini merupakan medali pertama Indonesia di ajang SEA Games 2023. Lantas, seperti apa persisnya cabang kun bokator yang menjadi olahraga penyumbang medali pertama Indonesia di ajang ini?

Kun Bokator adalah cabang olahraga bela diri tradisional yang berasal dari Kamboja. Olahraga ini merupakan kombinasi antara seni bela diri dan kebudayaan tradisional Khmer, dan telah dilakukan sejak zaman Kekaisaran Khmer. Kun Bokator melibatkan berbagai teknik pertarungan, termasuk pukulan, tendangan, kuncian, lemparan, dan pertarungan tanpa senjata.

Dalam pertandingan Kun Bokator, peserta akan bersaing dalam berbagai kategori, seperti Men's Single Bare Hands Form, Men's Single Bamboo Shield Form, dan Men’s Spirit Form. Peserta akan dinilai berdasarkan teknik, kelincahan, kekuatan, dan keterampilan yang ditunjukkan dalam pertandingan.

Kun Bokator bukan hanya olahraga bela diri, tetapi juga memiliki nilai-nilai kebudayaan tradisional yang sangat penting bagi masyarakat Khmer. Seni bela diri ini merupakan bagian dari warisan budaya Kamboja dan menjadi bagian dari upaya pelestarian warisan tersebut. Oleh karena itu, Kun Bokator telah mendapatkan pengakuan dan dukungan dari pemerintah Kamboja serta dianggap sebagai salah satu simbol kebanggaan bangsa.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)