Kamboja Minta Maaf Bendera Indonesia Terbalik saat Pre-show Opening Ceremony

Jum'at, 05 Mei 2023 - 21:25 WIB
loading...
Kamboja Minta Maaf Bendera Indonesia Terbalik saat Pre-show Opening Ceremony
Kamboja meminta maaf kepada Indonesia terkait terbaliknya bendera Merah Putih saat pre-show opening ceremony SEA Games 2023. Foto: ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira
A A A
PHNOM PENH - Kamboja selaku tuan rumah SEA Games 2023 telah meminta maaf kepada Indonesia. Ini terkait insiden terbalik bendera Merah Putih saat pre-show opening ceremony.



SEA Games 2023 resmi dibuka dengan digelarnya upacara pembukaan di Morodok Techo National Stadium, Jumat (5/5/2023). Namun, sebelum itu ada juga juga acara pre-show..

Namun, saat pre-show ada pemandangan yang tidak mengenakan bagi Indonensia, yanki ada bendera Merah Putih yang terbalik ketika di bawa ke lapangan.

Padahal, pre-show opening ceremony itu disiarkan secara langsung di akun YouTube Press Office of The Council of Ministers Cambodia.

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau NOC Indonesia lalu mengirimkan surat keberatan kepada Panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC) atas kejadian itu

Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Harry Warganegara menyebut Kamboja telah menyampaikan permohonan maaf kepada Indonesia lantaram terbaliknya bendera Merah Putih.

Pihak tuan rumah juga bertindak cepat dan memastikan kejadian serupa tidak terulang lagi.

“Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony,” ujar Harry dalam keterangan tertulis di Phnom Penh, Jumat.

NOC Indonesia mengirimkan keberatan secara resmi melalui surat bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 tertanggal 5 Mei yang ditandatangani Warganegara kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO CAMSOC Vath Chamroeun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2757 seconds (0.1#10.140)