Janibek Alimkhanuly Menang TKO Ronde 2, Pertahankan Gelar WBO

Minggu, 14 Mei 2023 - 15:18 WIB
loading...
Janibek Alimkhanuly Menang TKO Ronde 2, Pertahankan Gelar WBO
Janibek Alimkhanuly Menang TKO Ronde 2, Pertahankan Gelar WBO/Top Rank
A A A
Janibek Alimkhanuly tiga kali memukul jatuh Steven Butler untuk menang TKO ronde kedua sekaligus mempertahankan gelar kelas menengah WBO di California, Amerika Serikat. Janibek Alimkhanuly memenuhi janjinya dan memberikan kemenangan yang sangat mengejutkan atas Steven Butler di Stockton Arena, California, Minggu (14/5/2023) siang WIB.

Steven Butler kalah jauh dari lawannya, dengan terjatuh tiga kali dalam sebuah KO pada ronde kedua di tangan petinju kidal asal Kazakhstan itu. Wasit Jack Reiss memberi Butler kesempatan untuk melanjutkan pertandingan sebelum akhirnya meminta perebutan gelar kelas menengah WBO ini diakhiri pada menit 2:35 ronde kedua dalam laga utama yang disiarkan ESPN, Sabtu malam dari Stockton Arena, Stockton, California.



Pukulan uppercut kiri menjadi kunci bagi Alimkhanuly untuk menjatuhkan Butler pada ronde kedua setelah ronde pembuka yang berjalan lambat. Senjata andalannya itu mengenai kepala Buter sebelum sebuah rangkaian pukulan keras menjatuhkannya ke atas kanvas. Reiss mengeluarkan delapan hitungan dan tes kesadaran khasnya yang memberi Butler waktu tambahan untuk memulihkan diri.

Hal itu tidak cukup, karena Alimkhanuly hampir mengulangi rangkaian tersebut untuk menjatuhkannya ke atas kanvas beberapa saat kemudian. Hal itu terjadi tak lama setelah Reiss menghentikan laga saat jeda singkat untuk mengukur kesadaran Butler. Knockdown kedua disambut dengan delapan hitungan lainnya dan sebuah peringatan untuk menunjukkan sesuatu sebelum orang ketiga di dalam ring harus masuk dan mengakhiri malam itu.

Alimkhanuly menutup laga dengan gaya 'Qazaq'. Sebuah uppercut terakhir mengenai dagu Butler sebelum sebuah pukulan kiri menghantam dagunya untuk mencetak knockdown ketiga dan terakhir. Laga ini segera diakhiri oleh Reiss, yang memicu selebrasi yang sangat layak bagi sang penantang gelar tak terkalahkan ini.

Butler menghentikan empat kemenangan beruntun saat ia membawa rekornya menjadi 32-4-1 (26KO). Kekalahan ini merupakan yang kedua bagi Butler dengan sebuah gelar yang dipertaruhkan, namun yang pertama bagi dirinya untuk mempertahankan gelar.

Ia menderita KO pada ronde kelima dari Ryota Murata dalam perebutan gelar WBA 'Reguler' yang saat itu dipegang oleh Murata pada bulan Desember 2019. Sebuah penghentian pada ronde kelima oleh Jose de Jesus Macias dalam laga berikutnya lebih dari satu tahun kemudian, memicu perubahan di kampnya, yang sebagian disebabkan oleh kemenangan beruntun yang diraihnya sebelum hari Sabtu itu.



Sebaliknya, Butler kembali ke Kanada dengan tangan hampa dan sekali lagi dipaksa untuk membangun kembali kariernya. Janibek Alimkhanuly membawa rekornya menjadi 14-0 (9KO) dengan kemenangan ini. Penampilannya merupakan peningkatan yang nyata dari kemenangannya dalam 12 ronde melalui keputusan juri atas atlet Inggris, Denzel Bentley, pada 12 November lalu di Las Vegas.

Alimkhanuly menegaskan bahwa ia telah mempekerjakan pelatih kekuatan dan pengkondisian baru, yang tercermin dari berat badannya yang hanya 72,2 kilogram saat penimbangan berat badan hari Jumat. Kemenangan ini merupakan pertahanan kedua atas gelar kelas menengah WBO bagi Alimkhanuly, yang meningkatkan statusnya dari status interim menjadi juara setelah menang KO pada ronde kedua atas Danny Dignum pada 21 Mei lalu di Las Vegas.

Dengan kemenangan ini, ia akan melanjutkan pemanggilannya terhadap pemegang gelar kelas menengah WBC, Jermall Charlo - yang belum pernah bertarung sejak Juni 2021 - dan pemegang gelar WBA, Erislandy Lara, yang tidak aktif sejak 28 Mei lalu dan selanjutnya akan menghadapi Danny Garcia pada musim panas ini.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)